Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 18 Mei 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Pimpinan Gontor Minta Ikatan Alumni Tak Sekedar Nostalgia tapi Fungsional

esti setiyowati Selasa, 26 September 2023 - 18:00 WIB
Pimpinan Gontor Minta Ikatan Alumni Tak Sekedar Nostalgia tapi Fungsional
Pimpinan pondok Gontor meminta alumni tak sekadar nostalgia saat peringatan 100 tahun Gontor.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), Prof Amal Fathullah Zarkasyi, meminta alumni Gontor yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) lebih fungsional untuk masyarakat.

"Sebaiknya IKPM ini bukan perkumpulan yang sifatnya nostalgia karena nostalgia tidak ada akhirnya, tapi ditingkatkan lagi lebih fungsional dengan memerankan alumni di bidangnya masing-masing," kata Kiai Amal, dalam keterangannya, Selasa (26/9/2023).

Hal tersebut disampaikan Kiai Amal dalam sambutannya di acara Silaturahim Peserta Sujud Syukur Peringatan 100 Tahun Gontor.

Kiai Amal pun menceritakan pengalamannya saat diamanati sebagai Ketua Umum PP IKPM pada tahun 1988.

"Pertama kali yang saya omongkan adalah ungkapan Syeikh Hasan Basyuri, menteri wakaf (laysal ma'hadu bibinaihi lakin biabnaihi). Tahun sekian itu belum ada gedung di Gontor yang ada omah gedek dan yang dilihat dari Gontor saat itu peran alumninya," jelasnya.

Baca juga:100 Tahun Gontor, IKPM Malut dan Wali Santri akan Kibarkan Bendera di Bawah Laut

Senada dengan Kiai Amal, Ketua Panitia Peringatan 100 tahun PMDG, Prof Hamid Fahmi Zarkasyi, berharap ada sebuah legacy yang dipersembahkan dari semua kegiatan tersebut.

"Kegiatan 100 tahun Gontor harus ditingkatkan menjadi sebuah komunitas yang bermanfaat buat umat. Kegiatan ini akan dirayakan oleh seluruh pondok cabang, pondok alumni dan pesantren alumninya alumni," kata Prof Hamid.

Meski demikian, ia mengingatkan setiap kegiatan 100 tahun Gontor yang digelar oleh alumni lewat IKPM cabang harus sesuai dengan nilai-nilai kepondokmodernan, yang ada hubungannya dengan manfaat dengan masyarakat.

"Nilai yang penting dalam pondok ini adalah sistem wakaf. Pondok ini diwakafkan oleh pendirinya, kita menjadi manusia-manusia wakaf dan kita harus membiasakan wakaf. Prinsipnya, Gontor maju bukan karena dibantu tapi dibantu karena maju," lanjutnya.

Puncak peringatan 100 Tahun Gontor, dalam tanggalan Hijriah, akan digelar Rabu, 27 September 2023 di Kampus PMDG pusat, Ponorogo, Jawa Timur.

Sementara peringatan puncak 100 Tahun Gontor versi kalender Miladiyah atau Masehi dirayakan pada 2026 mendatang.

"Gambaran peringatan 100 tahun berlangsung dalam tempo yang cukup lama karena ada perbedaan antara Hijriah dan Masehi. Maka, pembukaan peringatan 100 tahun ikut kalender Hijriah dan penutupan ikut Masehi," kata Prof Hamid.

100 Tahun Gontor diperingati dengan berbagai kegiatan, mulai dari sujud syukur, mengibarkan bendera di bawah laut, hingga nobar film Jejak Langkah 2 Ulama bareng santri.

Selain itu, Prof Hamid mengatakan pihaknya akan mendatangkan Maher Zain.

"Kita juga akan mendatangkan Maher Zain, kemarin sudah ketemu di Manchester," katanya.

Sebagai informasi tambahan, bertepatan dengan momentum Sujud Syukur 100 tahun Gontor yang akan digelar 27 September 2023 besok, PP IKPM akan membentuk forum-forum alumni sesuai dengan profesinya masing-masing.

Di antara forum yang akan dibentuk antara lain, Forum Jurnalis Alumni Gontor, Forum Advokat, Forum Seniman, Forum Dokter dan Forum Olahragawan Alumni Gontor.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 18 Mei 2024
Imsak
04:25
Shubuh
04:35
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
18:59
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan