Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Senin, 06 Mei 2024
home edukasi & pesantren detail berita

100 Tahun Gontor, IKPM Malut dan Wali Santri akan Kibarkan Bendera di Bawah Laut

esti setiyowati Kamis, 14 September 2023 - 19:00 WIB
100 Tahun Gontor, IKPM Malut dan Wali Santri akan Kibarkan Bendera di Bawah Laut
Pondok pesantren Gontor, Ponorogo memasuki usia 100 tahun. Berbagai kegiatan akan dilakukan, termasuk pengibaran bendera di bawah laut.Foto/dok
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Darussalam Gontor bersama wali santri akan menggelar pengibaran bendera logo 100 Tahun Gontor di bawah laut pada Sabtu, 16 September 2023.

Ketua IKPM Gontor Maluku Utara, Donny Indrawan Sitompul, mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan Panitia Sujud Syukur peringatan 100 Tahun Gontor terkait pengibaran tersebut.

"Alhamdulillah dibolehkan," kata Donny, dalam keterangan resmi yang diterima Langit7.id, Kamis (14/9/2023).

Adapun tujuan dari kegiatan ini, tambah Donny, sebagai bentuk partisipasi keluarga besar Gontor yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia termasuk kawasan Kepulauan Maritim seperti di Maluku Utara.

“Ada ratusan alumni dan wali santri Gontor yang saat ini berkhidmat untuk umat di pulau-pulau yang tersebar di Maluku Utara. Kami ingin memperluas syiar nilai-nilai Gontori khususnya di kawasan maritim Indonesia seperti Ternate, Tidore, Halmahera, Bacan, Morotai, Sula dan Taliabu,” kata Donny.

Baca juga:Tak Cukup Modal Suara dan Lagu, Qari Harus Hayati Makna Alquran

Selain itu, Donny juga ingin mengenalkan Maluku Utara yang memiliki alam indah dalam bentuk gugusan pulau dan pegunungan, termasuk pesona keindahan alam bawah laut Ternate dengan kekayaan biota yang masih natural.

“Ini bentuk kesyukuran yang tak ada batasnya. Kami diberi anugerah saat muda berkesempatan menuntut ilmu di lembaga pendidikan terbaik, Pondok Modern Gontor. Kini saat dewasa kami ditakdirkan tinggal di alam yang indah. Inilah anugerah dan kenikmatan dari Allah SWT yang harus selalu kami syukuri,” ujar Donny.

Seorang wali santri Pondok Modern Gontor, M. Rahmi Husen, yang memiliki hobi menyelam akan memimpin pengibaran logo di bawah laut.

“Alhamdulillah, ide kegiatan ini muncul saat kami berdiskusi dengan Ustadz Husain Sanusi di Solo tentang kontribusi apa yang bisa diberikan keluarga besar Gontor yang ada di Maluku Utara. Muncullah ide tersebut, semoga kontribusi sederhana ini bermanfaat,” kata Rahmi Husen.

Rahmi Husen adalah wali santri yang dua putranya tengah mengenyam pendidikan di PMDG sebagai santri akhir KMI di kampus PMDG pusat, sementara seorang lagi di PMDG kampus dua.

“Sebagai walisantri Gontor tentu kami sangat bahagia bisa terlibat memeriahkan momentum istimewa bagi Gontor dalam peringatan 100 tahun usianya. Kita semua beruntung menjadi saksi peringatan sebuah lembaga pendidikan Islam terbaik di Indonesia yang usianya sudah 1 abad dan menelorkan banyak tokoh bangsa lahir dari rahim Gontor,” kata Rahmi Husen.

Selain wali santri Gontor, Rahmi Husen adalah penyelam profesional yang mengibarkan bendera Merah Putih di bawah laut pada peringatan HUT RI pada 17 Agustus 2023 lalu.

Beliau adalah aktivis yang menyuarakan kepentingan rakyat dengan mengabdikan hidupnya lewat jalur politik di kursi Parlemen DPRD Provinsi Maluku Utara.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Senin 06 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:13
Maghrib
17:49
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan