Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Senin, 06 Mei 2024
home wisata halal detail berita

4 Rute Wisata Geopark Meratus Diluncurkan, Gaet Wisatawan Domestik dan Mancanegara

tim langit 7 Ahad, 08 Oktober 2023 - 08:00 WIB
4 Rute Wisata Geopark Meratus Diluncurkan, Gaet Wisatawan Domestik dan Mancanegara
Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Meratus Hanifah Dwi Nirwana (tengah) dan CEO Shafwah Group Muhammad Helmi saat peluncuran destinasi wisata Geopark Meratus, Sabtu (7/10/2023)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Geopark Meratus adalah anugerah alam yang luar biasa di Kalimantan Selatan (Kalsel). Geopark Meratus memiliki kekayaan alam yang unik dan langka, flora dan fauna yang menjadi warisan bersama. Menjadi bagian kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya sehari-hari masyarakat juga bergantung pada keberadaan alam Meratus.

Sejak 2018, Geopark Meratus mulai diakui secara nasional saat ini sedang diusulkan masuk dalam daftar Geopark UNESCO yang akan dinilai 2024.

Pemerintah Provinsi Kalsel terus mempromosikan salah satu kekayaan alam yang terbentuk sejak 180 juta tahun lalu ketika Benua Asia dan Afrika bertabrakan. Berbagai event digiatkan untuk mengangkat dan mengenalkan geopark ini.

Salah satunya adalah event "Peluncuran Paket Destinasi Wisata Geopark Meratus" di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (7/10/2023). Kegiatan ini untuk mengenalkan sekaligus menggaet wisatawan Jawa, khususnya Jawa Timur untuk datang ke Kalsel.

Menurut Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Meratus Hanifah Dwi Nirwana, ada banyak kemudahan yang diberikan kepada wisatawan yang akan berkunjung ke tempat wisata tersebut.

"Terdapat empat rute yang bisa diakses oleh wisatawan mulai dari Utara, Barat, Timur dan juga Selatan. Setiap rute memiliki belasan situs dengan keunikan dan keistimewaan sendiri-sendiri," ujarnya.

Ia mengatakan, salah satunya susur Sungai Barito dimana wisatawan bisa melihat pasar apung yang menjadi salah satu andalan dunia pariwisata. "Ada juga situs budaya Dayak yang menggambarkan jiwa Borneo," tuturnya.

Di rute yang lainnnya juga melihat pengalaman mengunjungi hutan hujan tropis. Bahkan, saking lebatnya vegetasi wisatawan akan berjalan di atas lumut.

"Dalam perjalanan, kita bisa lihat bagaimana orang menambang intan, menggosok intan. Ini sangat menarik pagi wisatawan," ujarnya.

Rute Barat, akan melewati 9 situs dan menempuh jarak 85 kilometer. Di rute ini bisa menikmati pesona susur sungai orang Banjar.

Rute Selatan, akan menemui 14 situs dengan jarak tempuh 67 kilometer. Di rute ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan hutan tropis.

Rute Timur, pengunjung bisa menikmati 17 situs dengan jarak tempuh 69 kilometer. "Pelayaran mengesankan menembus sejarah bumi dan manusia," papar Hanifah.

Semenara Rute Utara adalah rute terpanjang dengan 14 situs dna jarak 188 kilometer.

Pada kesempatan yang sama, CEO Shafwah Group Muhammad Helmi menyebut ada banyak paket yang ditawarkan bagi masyarakat Jatim yang akan berkunjung ke Kalimantan Selatan.

"Kami mengkoneksikan jaringan penerbangan dan perhotelan. Membuat dan membangun jaringan dengan pelaku wisata," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga menggerakkan gerakkan masyarakat destinasi wisata, seperti membuat paket pariwisata pelanggan.

"Membuat paket wisata khusus berdasarkan rete Goepark Meratus, membuat pelatihan kompetensi tour leader, kompetensi hospitality, membuat program public speaking serta membuat dan menerbitkan sertifikasi," ucapnya.

Ia mengatakan, pihaknya juga melakukan pengembangan destinasi wisata, investasi, dalam rangka membangkitkan pemberdayaan masy dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Langkah strategis yang kami lakukan yaitu pembinaan kepada masyarakat supaya lebih berdaya," ujarnya.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Senin 06 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:13
Maghrib
17:49
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan