Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 14 Juli 2024
home sosok muslim detail berita

Siswi Madrasah Tsanawiyah 3 Surabaya Juara Umum Putri Lingkungan Hidup 2023

tim langit 7 Ahad, 15 Oktober 2023 - 13:00 WIB
Siswi Madrasah Tsanawiyah 3 Surabaya Juara Umum Putri Lingkungan Hidup 2023
Eveline Anuriyadin, siswi MTsN 3 Kota Surabaya menyabet tiga penghargaan pada Pangeran Puteri Lingkungan Hidup 2023
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Kota Surabaya, Eveline Anuriyadin patut berbangga. Gadis ini menyabet tiga penghargaan sekaligus pada Pangeran Puteri Lingkungan Hidup 2023.

Even ini diselenggarakan oleh Tunas Hijau bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surabaya, Dinas Lingkungan Hidup Surabaya, PDAM Suryasembawa, dan PLN Mobile.

“Proses seleksi lomba ini sangat ketat. Tahap awal diikuti 2.500 peserta dari pelajar tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Surabaya. Tahap akhir seleksi menyisakan 65 finalis," terang Wakil Kepala MTsN 3 Kota Surabaya bidang humas, dikutip Minggu (15/10/2023).

Baca juga:Kisah Abdullah Azwar Anas: Belajar Organisasi di IPNU, Kini Jadi Menteri

"65 finalis ini diseleksi untuk diambil 20 juara utama dan 45 juara kategori. Pada akhir seleksi mengerucut menjadi juara tiga besar,” sambungnya.

Menurutnya, Eveline Anuriyadin merupakan satu-satunya peserta dari Madrasah Tsanawiyah. Ribuan peserta lainnya berasal dari SMP.

Lomba ini berlangsung selama 8 bulan. Dalam lomba ini, Eveline Anuriyadin, putri dari pasangan Sahidin dan Juriah berhasil mengelola 20 ton dan 425 kg sampah organik dengan budidaya magot BSF yang menggunakan media penggomposan.

Berkat aksi nyata Eveline, dia diganjar juara I Putri Lingkungan Hidup Tingkat SMP tahun 2023, Juara 2 Konservasi Pesisir tingkat SMP tahun 2023 dan Juara 1 Pengelolaan Sampah Organik terbaik tingkat SMP tahun 2023.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, didampingi istri, menyematkan slempang juara dan memberikan tropi ke Eveline saat acara pengumuman lomba tersebut di Gedung Sawunggaling Pemkot Surabaya.

“Sejak SD memang memiliki ketertarikan pada lingkungan hidup. Jadi, tiga pernghargaan tersebut diperoleh bukan secara instan. Ini semua namun karena kegigihan, kerja keras serta kesabarannya menjalani proses,” tambah Dwi Atmojo.

Zero Organic Waste merupakan proyek budidaya maggot Black Soldier Fly (BSF) yang dijalankan Eveline. Di balik kegigihannya, dia rela mendatangi penjual buah untuk mendapatkan sampah organik dan setiap harinya Eveline mampu mengolah hingga 130 kilogram sampah kulit buah yang didapat.

Siswi kelahiran Pacitan (2009) ini, tidak seperti anak biasanya. Ia mampu memberikan pengaruh yang besar bagi teman-temanya dan masyarakat sekitar, sehingga berbagai media pun sempat meliput aktivitas gadis pecinta lingkungan ini

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 14 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:02
Ashar
15:23
Maghrib
17:56
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan