Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 21 Juli 2024
home global news detail berita

Muhammadiyah Tegaskan Netral dalam Pemilu 2024

tim langit 7 Sabtu, 18 November 2023 - 11:00 WIB
Muhammadiyah Tegaskan Netral dalam Pemilu 2024
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Muti.
LANGIT7.ID-, Jogjakarta- - Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti menyampaikan hasil Konsolidasi Nasional Muhammadiyah Jelang Pemilu 2024 di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Salah satunya adalah penegasan sikap netral pada Pemilu 2024.

Selengkapnya, tiga hasil Konsolidasi Nasional Muhammadiyah sebagai berikut:

Pertama, Muhammadiyah telah menyusun kebijakan terkait Pemilu 2024. Dalam konteks ini, organisasi ini secara tegas menyatakan dukungan penuhnya terhadap suksesnya Pemilu 2024, baik dalam pemilihan presiden maupun legislatif. Muhammadiyah telah mengeluarkan aturan organisasi terkait hal ini.

Kedua, fokus konsolidasi adalah aspek internal keorganisasian Muhammadiyah. Hal ini mencakup persiapan dan strategi organisasi menjelang Pemilu 2024.

Baca juga:Kiai Maruf Amin Ingatkan MUI Jaga Netralitas Lembaga

Ketiga, Mu’ti mengumumkan rencana diluncurkannya Dana Pendidikan Abadi Muhammadiyah pada peringatan Milad Muhammadiyah ke-111 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada Sabtu (18/11). Tujuan dari penggalangan dana infak pendidikan ini adalah untuk mendukung sektor pendidikan.

Mu’ti kemudian secara khusus membahas persiapan menjelang tahun politik. Muhammadiyah secara kelembagaan mendukung penuh untuk menyukseskan Pemilu 2024, baik presiden maupun legislatif. Muhammadiyah sudah mengeluarkan aturan organisasi terkait Pemilu 2024.

Mu’ti menegaskan dua sikap Muhammadiyah. Pertama, Muhammadiyah akan tetap netral dalam Pemilu 2024 dan tidak mendukung partai politik atau pasangan capres-cawapres tertentu. Kedua, meskipun memberikan kebebasan kepada kader-kadernya untuk terlibat dalam politik praktis, mereka yang terlibat harus nonaktif dari jabatannya di Persyarikatan Muhammadiyah.

“Ketika Pemilu telah selesai, silakan menduduki lagi jabatannya (di Muhammadiyah). Kalau ada kader yang lolos jadi legislatif, maka harus memiliki akan aktif di Muhammadiyah atau di DPR,” ucap Mu’ti.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 21 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan