Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 25 Februari 2024
home global news detail berita

Hadapi Musim Hujan, Berikut Cara Antisipasi Banjir dan Longsor

tim langit 7 Jum'at, 24 November 2023 - 08:00 WIB
Hadapi Musim Hujan, Berikut Cara Antisipasi Banjir dan Longsor
ilustrasi
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Memasuki musim penghujan, masyarakat diminta mengantisipasi datangnya bencana alam, seperti banjir. Mengantisipasi terjadinya bencana yang mungkin terjadi akibat curah hujan tinggi, diperlukan antisipasi yang baik dari semua pihak.

Pengurus Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LPBI PBNU) M Ali Yusuf menjelaskan, saat musim hujan telah tiba, minimal ada dua ancaman bencana yang akan terjadi, yaitu banjir dan tanah longsor.

Menurutnya, masyarakat harus mengetahui serangkaian upaya yang harus dilakukan mulai dari pra, saat, dan pascabencana.

“Sebelum terjadi bencana banjir dan tanah longsor, yang harus dilakukan adalah kenali kondisi lingkungan di sekitar rumah dan lingkungan kita terkait potensi ancaman bencana, lalu lakukan pemetaan titik-titik rawan bencana di sekitar rumah dan lingkungan sekitar kita,” ujarnya melansir NU Online, Kamis (23/11/2023).

Dia mengingatkan masyarakat melakukan berbagai upaya antisipasi untuk mengurangi potensi dampak kejadian bencana untuk keluarga dan komunitas, serta selalu memantau informasi terkait cuaca.

Baca juga:BMKG Prediksi 2023 Berpotensi Jadi Tahun Terpanas

Selain itu, susun mekanisme komunikasi dan koordinasi, serta susun sistem peringatan dini baik di tingkat keluarga dan komunitas. “Khusus longsor, kenali gejala atau tanda-tanda akan terjadi longsor seperti retakan di lereng, dan lain-lain. Siapkan dokumen dan perbekalan penting ke dalam tas atau sejenisnya dan posisikan di tempat yang mudah dijangkau,” imbuh Ali Yusuf.

Kemudian rencanakan dan tentukan tempat aman bagi barang-barang saat terjadi banjir, mencari tahu rute dan lokasi evakuasi ke tempat aman, serta catat nomor-nomor penting untuk dapat dihubungi jika diperlukan.

Jika memungkinkan, ikutilah latihan atau simulasi penanganan bencana di tingkat keluarga dan komunitas “Informasikan segera ke pihak yang berwenang jika mengetahui ancaman bencana, selalu pantau informasi terkait potensi bencana dari sumber terpercaya khususnya banjir, perbanyak doa agar selalu diberikan keselamatan oleh Allah dan terhindar dari bencana,” jelasnya.

Dia menjelaskan, saat terjadi bencana banjir dan tanah longsor, yang harus dilakukan yaitu segera evakuasi ke tempat aman. Lalu segera membawa dokumen dan perbekalan penting ke dalam tas atau sejenisnya, lakukan komunikasi ke seluruh anggota keluarga.

Selanjutnya menginformasikan kejadian bencana kepada pihak yang berwenang dan selalu memantau informasi terkait kejadian dari sumber terpercaya.

“Selain itu, berikan dukungan dan bantuan kepada mereka yang terdampak bencana termasuk dalam bentuk dukungan psikososial. Jika ancaman bencana banjir muncul, segera pindahkan barang berharga, matikan listrik dan gas, cari tempat yang tinggi agar terlihat tim evakuasi, hindari arus air yang deras,” terangnya.

Ia menambahkan, setelah terjadi bencana banjir dan tanah longsor yang harus dilakukan adalah memastikan situasinya benar-benar sudah aman sebelum kembali ke rumah. Kemudian segera hubungi anggota keluarga.

Selanjutnya jika kondisi sudah benar-benar aman, maka segera periksa kondisi rumah. Lalu bersihkan tempat tinggal dan lingkungan sekitar rumah dari dampak banjir dan longsor.

“Informasikan situasi pasca kejadian bencana kepada pihak yang berwenang, berikan dukungan dan bantuan kepada mereka yang terdampak longsor termasuk dukungan psikososial. Jika situasi sudah aman, ajak komunitas untuk meningkatkan ketangguhan menghadapi bencana,” pungkasnya.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 25 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:09
Ashar
15:16
Maghrib
18:16
Isya
19:26
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan