Telkomsel mendorong akselerasi transformasi digital di sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan menggelar program Digital Creative Entrepreneurs (DCE).
DCE merupakan program corporate social responsibility (CSR) yang berfokus membuka lebih banyak peluang dengan mengambil peran sebagai platform akselerasi untuk meningkatkan kapabilitas, kompetensi, dan kreativitas digital para pelaku UKM di Indonesia.
Mengusung tema “Upgrade to Accelerate”, DCE yang sudah berlangsung di tahun ketiga ini memulai rangkaian programnya dengan menggelar roadshow atau sosialisasi yang berlangsung di Surabaya Rabu (24/1/2024). Sebanyak 140 peserta yang merupakan para pelaku UKM dari wilayah Surabaya dan sekitarnya.
Menurut General Manager Consumer Business Region Jawa Timur Telkomsel Kuntum Wahyudi, berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah pada 2021, jumlah pelaku UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta. Kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61% atau lebih dari Rp 8.500 triliun rupiah.
Baca juga:
Gandeng TikTok, Kemenparekraf Kembangkan UMKM melalui Program Jalin Nusantara"UMKM juga mampu menyerap 97% dari total angkatan kerja dan mampu menghimpun hingga 60% dari total investasi di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa peran UMKM sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia," katanya
Meskipun demikian, tercatat baru sekitar 17,5 juta pelaku UMKM atau 27% saja yang masuk ke ekosistem digital dan memanfaatkan e-commerce.
“Padahal dengan menggunakan teknologi digital secara optimal dalam menjalankan bisnisnya, UMKM bisa memperoleh sejumlah manfaat untuk mengembangkan bisnis dan daya saingnya. Menyadari tantangan ini, Telkomsel hadir melalui DCE berkomitmen untuk menjadi bagian dari solusi kesenjangan digital ini,” jelas Kuntum.
Pada roadshow ini, Telkomsel menghadirkan sejumlah pembicara yang juga pelaku UKM sekaligus alumni DCE, di antaranya adalah Founder “Ayam Darmojo” Ryan Prabowo, 3rd DCE Head Mentor dan Founder “Amygdala Bamboo” Harry A. Mawardi, dan Founder “Dus Duk Duk” Arif Susanto.
Telkomsel membuka pendaftaran program DCE hingga 27 Februari 2024 bagi UKM dari empat kategori Accelerate SME Tracks, yaitu F&B, Fashion, Craft, dan Personal Care.
Selanjutnya, upaya akselerasi pertumbuhan bisnis UKM dalam program DCE ke-3 akan dilakukan melalui kegiatan Onboarding bagi 300 peserta terseleksi dari seluruh pendaftar untuk mengenal lebih jauh ekosistem digital Telkomsel dan pemanfaatannya untuk pengembangan usaha, kegiatan Pitching Tracks bagi 32 peserta terpilih untuk penilaian business plan dan pemanfaatan digital dalam usahanya, kegiatan Academy bagi 12 peserta unggulan untuk membangun kapasitas bersama mentor dan ahli serta interaksi secara offline, serta kegiatan Awarding untuk final pitch dari 5 peserta terbaik.
(ori)