Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 17 April 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Kapan Memperkenalkan Organ Intim pada Anak? Ini Kata Dosen UM Surabaya

tim langit 7 Selasa, 30 Januari 2024 - 15:00 WIB
Kapan Memperkenalkan Organ Intim pada Anak? Ini Kata Dosen UM Surabaya
ilustrasi
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyebut, angka kekerasan seksual pada anak menurut menyentuh angka 3.000 pada tahun 2023. Apalagi, berita-berita tentang kekerasan seksual pada anak akhir-akhir ini di media cetak dan elektronik semakin marak.

Yang lebih memprihatinkan, pelaku kekerasan seksual pada anak bukanlah orang asing, mereka justru adalah orang-orang yang dekat bahkan keluarga sendiri. Memperkenalkan organ intim pada anak sangat penting, sehingga anak tahu batasan-batasan dengan orang-orang di sekelilingnya.

Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UM Surabaya, Holy Ichda Wahyuni menyebut, memperkenalkan organ intim pada anak merupakan bagian dari pendidikan seksual sejak dini. Ia menjelaskan, waktu yang paling tepat adalah ketika anak masih berada di bangku taman kanak-kanak.

Baca juga:10 Jurusan di Unair Sepi Peminat dengan Prospek Karir Menjanjikan

“Justru merupakan sebuah kesalahan jika menganggap bahwa pengenalan intim ini adalah sebuah hal tabu, sehingga sering anak-anak dikenalkan ketika mereka sudah beranjak remaja. Tak jarang orang tua menjadi sangat tertutup untuk urusan pendidikan seksual,” ujar Holy.

Dia mengatakan, sudah bukan saatnya memperkenalkan organ intim pada anak dengan nama ganti. Seperti penis menjadi burung. Penting bagi orang tua memperkenalkan organ intim pada anak dengan pelafalan nama atau penyebutan yang sebenarnya, seperti alat kelamin laki-laki adalah penis, dan alat kelamin perempuan adalah vagina.

“Penyebutan nama yang sebenarnya dalam pengenalan organ intim pada anak menunjukkan sebuah keterbukaan orang tua, menunjukkan bahwa itu bukan hal tabu, sehingga mengajarkan pada anak untuk tidak tertutup juga pada persoalan-persoalan yang berkaitan dengan aktivitas seksual sejak dini dan berdampak hingga mereka remaja. Seperti ketika mereka mulai mengalami pubertas,” tambahnya.

Holy menjelaskan, pengenalan organ intim ini juga bisa dibarengi dengan pengenalan bagaimana pentingnya menjaga kebersihannya, kesehatannya, serta menjaganya sebagai area privasi yang tidak boleh ada yang melihat atau menyentuhnya.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 17 April 2024
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
11:56
Ashar
15:14
Maghrib
17:54
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan