Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 14 Juli 2024
home global news detail berita

Otoritas Masjidil Haram Larang Stroller Bayi Masuk Area Mataf

esti setiyowati Kamis, 01 Februari 2024 - 11:05 WIB
Otoritas Masjidil Haram Larang Stroller Bayi Masuk Area Mataf
Otoritas Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi melarang penggunaan stroller atau kereta bayi di area mataf lantai dasar.
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Otoritas Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi melarang penggunaan stroller atau kereta bayi di area mataf lantai dasar.

Mataf merupakan kawasan terbuka di tengah Masjidil Haram di mana terdapat Kakbah dan merupakan tempat untuk melakukan tawaf.

Melansir Gulf News, Kamis (1/2/2024), badan negara tersebut menetapkan lokasi yang memperbolehkan jamaah membawa stroler ke dalam Masjidil Haram di Mekkah yaitu di lantai atas mataf, area yang sama untuk pengguna kursi roda melakukan tawaf, dan mas'a, tempat jamaah melakukan sa'i antara Safa dan Marwa.

Namun, dijelaskan lebih lanjut, kereta dorong bayi tidak diperbolehkan masuk ke Masjidil Haram bila terjadi kepadatan di area mataf dan mas'a.

Baca juga:Mantan Anggota Parlemen Australia Ikut Serta Pembangunan Kota Fiksi Arab Saudi

Mataf Masjidil Haram sendiri terdiri dari beberapa area yang sedang diperluas koridornya. Media lokal melaporkan total perluasan area mencapai 12.350 m², yang sanggup menampung 107.000 orang per jam.

Menurut keterangan Menteri Haji dan Umrah Saudi, Tawfiq Al Rabiah, jumlah jamaah umrah memecahkan rekor 13,5 juta di tahun lalu.

Masjidil Haram merupaka salah satu dari dua masjid suci umat Islam yang berada di tanah Saudi. Masjid ini menjadi tujuan utama umat Islam di dunia untuk menunaikan umrah dan ibadah haji.

Dalam beberapa bulan terakhir, pemerintah Arab Saudi telah memberikan sejumlah fasilitas bagi jamaah umrah, di antaranya memperpanjang masa berlaku visa umrah dari 30 hari menjadi 90 hari, mengizinkan pemegang visa umrah masuk melalui semua jalur baik darat, laut, maupun udara, dan berangkat dari bandara mana pun.

Selain itu, Arab Saudi juga mengizinkan warganya untuk mengajukan permohonan mengundang jamaah dari luar negeri untuk berkunjung dan menjalankan umrah dan tidak mewajibkan jamaah perempuan didampingi oleh mahram.

Kerajaan juga mengatakan bahwa ekspatriat yang tinggal di negara-negara Dewan Kerja Sama Teluk berhak mengajukan visa turis, apa pun profesinya, dan dapat menunaikan umrah.

Persiapan awal sudah dilakukan di Arab Saudi untuk ibadah haji tahunan yang jatuh pada bulan Juni

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 14 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:02
Ashar
15:23
Maghrib
17:56
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan