Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 28 Mei 2024
home wisata halal detail berita

Rekomendasi 9 Destinasi Wisata Religi, Kunjungi saat Libur Lebaran 2024

esti setiyowati Jum'at, 05 April 2024 - 16:30 WIB
Rekomendasi 9 Destinasi Wisata Religi, Kunjungi saat Libur Lebaran 2024
Destinasi wisata religi yang dapat dikunjungi saat berada di Semarang yaitu Masjid Agung yang terkenal dengan menara Asmaul Husna yang menjulang tinggi hingga 99 meter.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Selain bersilaturahmi, momen libur lebaran kerap dijadikan kesempatan untuk berwisata religi. Mengunjungi destinasi wisata religi selain merasakan pengalaman spiritual sekaligus menyaksikan kekayaan alam dan budaya.

Operator grup hotel Archipelago International merekomendasikann sembilan destinassi wisata religi di Indonesia untuk mengisi libur lebaran kali ini.

"Destinasi-destinasi ini tidak hanya menawarkan tempat beristirahat, tetapi juga menjadi tempat perlindungan untuk pengalaman bermakna serta momen kedekatan dengan iman," kata CEO Archipelago International John Flood dikutip dalam siaran persnya, Jumat (5/4/2024).

Baca juga:Wisata Quran di Bandung Ajak Wisatawan Lihat Pembuatan Mushaf Al Quran

Berikut sembilan destinasi wisata religi yang dirangkum Archipelago:

1. Pekalongan

Sembari menjelajahi dunia batik, Anda juga dapat menyelami suasana spiritual Pekalongan dengan menyambangi Masjid Jami Aulia yang bersejarah.

Masjid Jami Aulia merupakan salah satu masjid tertua di kota ini dan melihat Al Quran terbesar berukuran 2x2,30 meter. Selain itu, Anda juga bisa meramaikan tradisi Syawalan di Pekalongan.

2. Semarang

Kota Semarang di Jawa Tengah menawarkan perpaduan antara pengaruh Jawa, Cina, Arab dan Belanda. Destinasi wisata religi yang dapat dikunjungi saat berada di Semarang yaitu Masjid Agung yang terkenal dengan menara Asmaul Husna yang menjulang tinggi hingga 99 meter.

Selain menikmati jalan-jalan dan masakan lokal, wisatawan juga bisa mempelajari sejaran Kerajaan Demak, sebuah situs bersejarah menarik yang kaya akan kekayaan budaya dan spiritual.

3. Banjarmasin

Kota Banjarmasin terkenal dengan ribuan sungai dan warisan spiritualnya yang mendalam. Di kota ini, wisatawan ditawarkan destinasi religi Masjid Sultan Suriansyah yang bersejarah, dibangun pada tahun 1550 dan dinamai sesuai nama Sultan Muslim pertama Banjarmasin.

4. Cilacap

Nikmati keindahan Cilacap dengan menyambangi Masjid Batu Taman Hati yang menakjubkan, masjid mirip gua yang dibangun pada tahun 2009 oleh seorang seniman.

Jelajahi atraksi lainnya seperti Bukit Selok, Bukit Srandil, dan Pantai Srandil, yang menawarkan momen ketenangan di tengah alam.

5. Solo

Benamkan diri Anda dalam kekayaan budaya Solo, jantung budaya Jawa. Kunjungi Masjid Syeikh Zayed Solo dan Masjid Agung Kraton Solo, dua landmark keagamaan terkemuka di kota ini. Jelajahi pasar yang ramai, arsitektur tradisional Jawa, dan kuliner yang nikmat.

6. Malang

Kota Malang di Jawa Timur menawarkan banyak tempat wisata. Di antara daerah tujuan wisata di Malang ada Masjid Pintu Seribu Malang, yang bisa menjadi tempat untuk menikmati momen damai di tengah hiruk-pikuk kota.

7. Palembang

Menyaksikan kemegahan Alquran Akbar Palembang, sebuah monumen megah yang menampilkan keindahan seni Islam. Al-Quran tersebut disimpan di dalam museum bernama Museum Bayt Al-Quran Al-Akbar

8. Makassar

Wisatawan dapat mengunjungi Masjid 99 Kubah di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Masjid 99 KUbah merupakan masjid terbesar di Makassar yang dapat menampung hingga 13.000 orang.

9. Gresik

Wisatawan yang ingin mendoakan tokoh penting dalam syiar Islam di Indonesia, dapat berziarah ke makam Wali Songo di Gresik, Jawa Timur.

Wali Songo menyebarkan agama Islam di wilayah Jawa pada abad ke-15. Saat berziarah ke makam mereka, wisatawan bisa mempelajari peran mereka dalam penyebaran ajaran Islam di Jawa.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 28 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:15
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan