Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 28 Mei 2024
home sosok muslim detail berita

Muslim Terkaya, Ada Pengusaha Semen Hingga Bumper Truk

tim langit 7 Selasa, 30 April 2024 - 13:16 WIB
Muslim Terkaya, Ada Pengusaha Semen Hingga Bumper Truk
skyscraper (Desktop - langit7.id)


LANGIT7.ID-, Jakarta- - Ketika membicarakan orang terkaya di dunia, biasanya selalu disuguhi daftar orang terkaya tersebut warga China. Kali ini, ada berita yang berbeda. Ternyata, banyak juga orang Islam yang masuk katagori orang terkaya. Mau tahu, siapa saja mereka?

Ada nama Aliko Dangote. Dia pengusaha asal Nigeria, yang kekayaannya sangat terkenal di benua Afrika. Menurut catatan Forbes, Aliko memiliki kekayaan USD14,2 miliar. CEO Dangote Group ini, merupakan pengusaha muslim yang saat ini kekayaannya menduduki peringkat 136 dunia.

Aliko, dikenal sebagai pengusaha muslim terkaya karena memiliki perusahaan semen (Dangote Cement), di mana volume produksinya mencapai 48,6 juta ton pertahun. Dangote semen, menguasa pangsa pasar hingga 85 persen di pasar Afrika.

Selain itu, Aliko juga sedang mendevelop bisnis kilang minyak yang diberi nama Dangote Refinery yang diproyeksikan menjadi perusahaan minyak terbesar di dunia. Bisnis lain yang digarap Aliko, yakni pupuk pertanian, yang saat ini sudah berkembang pesat.

Nama lain yang juga dikenal sebagai pengusaha muslim terkaya, ada nama Shahid Khan. Ia dikenal sebagai pengusaha keturunan Amerika-Pakistan. Kekayaan yang dimiliki, menurut data Forbes mencapai USD12,1 miliar. Ia masuk urutan 164 daftar orang terkaya di dunia.

Shahid Khan, dikenal memiliki bisnis bumper truk. Pengusaha yang memiliki background insinyur ini, diketahui sudah memiliki 69 pabrik di dunia dengan mempekerjakan 26 ribu karyawan.

Yang juga mengejutkan, pebisnis muslim ini diam diam menyukai bola. Kegemarannya inilah yang membuat ia diketahui memiliki club bola bernama Jacksonville Jaguars NFL yang dibeli pda 2012. Ia juga dikenal menjadi pemilik club bola liga Inggris yang bernama Fulham FC.

Jenis bisnis lain yang dimiliki Shahid Khan, adalah bidang media. Ia diketahui menjadi investor utama bagi media: Black News Channel (BNC) di Amerika. Bukan itu saja. Ia bersama putranya, Tony Khan, merilis All Elite Wreestling yang dijadikan pusat hiburan pegulat profesional untuk mendandingi WWE asal Amerika.

Nama pengusaha muslim lain yang tersohor kekayaannya adalah, Azim Premji. Pria asal Gujarat, India ini, menurut Forbes dikenal memiliki kekayaan USD11,7 miliar. Azim dikenal memiliki perusahaan Wipro, perusahaan yang bergerak di bidang software. Wipro ini dikenal sebagai produk software yang mengusaha pasar India dan negara-negara di greaternya.

Yang menarik, pria yang sempat mengenyam pendidikan di Stanford University AS namun tidak selesai karena orangtuanya meninggal, juga memiliki pusat innovation centre di Silicon Valley AS. Ia membangun kolaborasi dengan para start up. Hasilnya, banyak melahirkan inovasi baru di bidang software.

Azim yang kini tercatat sebagai orang terkaya urutan 168 dunia ini, meskipun sempat gagal dalam kuliah di Stanford University, ia tidak menjadi pria yang gampang menyerah. Ia justru tumbuh menjadi pria pekerja keras, karena dirinya ingin membuktikan pada keluarganya bahwa ia bisa mandiri dan berprestasi.

(lam)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 28 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:15
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan