Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 28 Mei 2024
home global news detail berita

Peringatan 76 Tahun Nakba, Indonesia Tegaskan Dukungan untuk Kemerdekaan Palestina

tim langit 7 Kamis, 16 Mei 2024 - 11:00 WIB
Peringatan 76 Tahun Nakba, Indonesia Tegaskan Dukungan untuk Kemerdekaan Palestina
ilustrasi
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Indonesia berkomitmen tetap mendukung kemerdekaan Palestina. Hal ini diungkapkan Director of Middle East Ministry dari Kementerian Luar Negeri Indonesia, Rizal Al Huda pada peringatan ke-76 Al Nakba.

Rizal menekankan, peringatan Nakba bukan hanya tentang mengenang masa lalu, tetapi juga tentang menguatkan semangat perjuangan bangsa Palestina.

"Nakba melambangkan semangat yang tak tergoyahkan dari suatu bangsa yang menolak untuk dilupakan, dibungkam, atau dihapuskan," ujar Rizal dalam acara Doa Bersama dengan Komunitas Palestina yang digelar di Kedutaan Besar Palestina untuk Indonesia di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (15/5/2024).

Baca juga:Gencatan Senjata di Gaza Kembali Temui Jalan Buntu karena Serangan Israel di Rafah

Rizal juga menegaskan, dukungan Indonesia untuk kemerdekaan Palestina tidak akan pernah surut. Pemerintah Indonesia akan terus mendukung gencatan senjata permanen di Gaza, Palestina.

"Indonesia tidak akan bergeming sedikitpun dari dukungan kita terhadap Palestina dan rakyatnya, karena pemerintah akan selalu berpihak pada Palestina. Pemerintah Indonesia akan terus mendorong gencatan senjata permanen di Gaza, dan menghilangkan segala hambatan dalam penyampaian bantuan kemanusiaan," tegasnya.

Rizal mengajak semua pihak untuk bersatu dalam perjuangan melawan pendudukan ilegal Israel. Ia menegaskan bahwa dukungan Indonesia untuk Palestina akan terus berlanjut hingga tercapainya kemerdekaan penuh bagi bangsa Palestina.

"Hari ini, saat kita berkumpul di sini masyarakat, dan pemerintah Republik Indonesia memberikan dukungan kita kepada saudara-saudari kita di Palestina, dan kita akan terus melawan atau mengakhiri kekejaman Israel di Gaza, mengakhiri pendudukan di Palestina, dan melakukan perlawanan untuk kemerdekaan Palestina," lanjut Rizal.

Dia menyoroti pentingnya solidaritas internasional dalam mendukung hak-hak rakyat Palestina. "Kami akan terus mendukung perjuangan menentang pendudukan ilegal atas tanah Palestina. Perjuangan hak kembali dan pelarian untuk mendapatkan kembali hak-hak rakyat Palestina," tegas dia.

Dalam kesempatan tersebut, Rizal juga menegaskan bahwa Indonesia akan terus meminta pertanggungjawaban Israel atas kejahatan dan pelanggaran hukum internasional yang dilakukan.

"Kami akan meminta pertanggungjawaban Israel atas kejahatan dan pelanggaran hukum internasional mereka dan menyelesaikan akar masalahnya yaitu pendudukan ilegal Israel atas Palestina," jelasnya.

"Kami akan tetap berkomitmen untuk memperjuangkan keadilan bagi saudara-saudari Palestina dan memperkuat suara mereka serta berupaya menuju masa depan dengan merebut kembali kemerdekaan penuh mereka sebagai bangsa yang setara dengan bangsa lain," pungkasnya.

Acara peringatan Nakba dihadiri oleh para duta besar dari negara-negara Arab seperti Suriah, Jordania, Lebanon, dan Mesir, serta perwakilan organisasi Islam seperti Nahdlatul Ulama, MUI, Muhammadiyah, dan Aqsa Working Group.

Tampak Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Cholil Nafis dan Ketua Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LAZISNU) PBNU Habib Ali Hasan Al Bahar sebagai perwakilan Nahdlatul Ulama menghadiri peringatan ke-76 tahun Al Nakba di Kedutaan Besar Palestina.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 28 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:15
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan