Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 Juli 2024
home sosok muslim detail berita

Alasan Adik Ipar Eks PM Inggris Tony Blair, Lauren Booth Peluk Agama Islam

esti setiyowati Rabu, 19 Juni 2024 - 15:00 WIB
Alasan Adik Ipar Eks PM Inggris Tony Blair, Lauren Booth Peluk Agama Islam
Lauren Booth merupakan adik dari Cherie Blair, istri mantan Perdana Menteri Inggris, Tony Blair. Foto/ist
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Lauren Booth dikenal masyarakat Inggris sebagai jurnalis dan aktivis pro Palestina. Selain itu, Lauren Booth merupakan adik dari Cherie Blair, istri mantan Perdana Menteri Inggris, Tony Blair.

Lauren Booth memutuskan memeluk Islam di tahun 2010 usai kunjungannya ke Fatima Masumeh Shrine di Qom, Iran. Sepulang dari mendapatkan "pengalaman suci" di Iran, Lauren langsung memutuskan untuk menjadi mualaf.

“Saat itu Selasa malam dan saya duduk dan merasakan suntikan morfin spiritual, kebahagiaan dan kegembiraan mutlak,” katanya dikutip The Guardian, Rabu (19/6/2024).

Baca juga:Coba Belajar Dari Sholah Athiyah, Lelaki Paspasan Yang Kemudian Menggemparkan

Kala itu, Lauren sedang dalam perjalanan ke Isfahan, sekitar 350 km selatan Teheran, untuk beberapa laporan. Dalam perjalanan, dia berhenti di sebuah kuil di Qom yang didedikasikan untuk Fatima Masuma.

Masuma adalah seorang tokoh Islam yang sangat dihormati, seorang penasihat para syekh tentang ajaran kitab suci Islam karena dia sangat ahli dalam Al-Qur'an.

“Itu terjadi di kuil Fatima Masuma di kota suci Qom. Bertentangan dengan laporan, saya tidak pergi ke Iran untuk pindah agama. Saya tidak berpikir untuk pindah agama. Saya pergi ke Iran untuk bekerja,"

"Saya sebenarnya sedang dalam perjalanan ke Isfahan, dan seorang teman yang bepergian dengan saya berkata, 'Mari kita berhenti di kuil'. Ada banyak wanita yang sedang memanggang roti dan anak-anak bermain, dan saat Anda semakin dekat ke kuil, ada orang-orang beriman yang memegang jeruji yang berisi sisa-sisa Fatima. Kebangkitan dan konfirmasi spiritual saya benar-benar terjadi di sana." ungkapnya.

Usai memeluk Islam, Lauren mulai menjalankan syariat Islam seperti berhijab, menunaikan shalat, berhenti makan daging babi, setop minum alkohol, dan membaca Al-Qur'an setiap harinya.

Sebelum kebangkitan spiritualnya di Iran, Lauren dikenal sebagai aktivis yang "dekat" dengan Islam dan pro Palestina. Melalui wawancaranya, Lauren berharap perpindahan agamanya akan membantu sang kakak ipar, Tony Blair mengubah pandangannya akan Islam.

Meski diketahui sudah lama tertarik terhadap perjuangan Islam, namun perpindahan agama yang dilakukan Lauren cukup mengejutkan. Bahkan, berita tentang dirinya menjadi mualaf mendapat reaksi yang besar.

“Dalam 48 jam saya sudah menerima lebih dari 600 pesan ucapan selamat dan cinta. Dari Filipina hingga Peru; dari Timor Timur hingga Grinstead Timur. Setiap Muslim yang memiliki Wi-Fi sepertinya mengirimi saya ucapan selamat dan mengatakan mereka akan mendukung saya di masa-masa sulit yang akan datang. Karena, jujur ??saja, saya belum mengikuti agama yang sedang tren; saya belum mempelajari Scientology seperti orang-orang kaya," kata Lauren Booth, seperti dilaporkan The National.

Menurut Lauren, perpindahan agamanya dinilai dramatis bagi orang-orang yang tak mengenal dirinya. Namun, tidak bagi mereka yang pernah bekerja atau bersinggungan langsung dengannya.

“Yang menarik bagi saya adalah ketika saya memberi tahu teman-teman Palestina, baik Kristen maupun Muslim, mereka cenderung berkata, 'Kami pikir kamu sudah menjadi seorang Muslim.!'" cerita Lauren.

Meski begitu, konversi itu sendiri diliput secara sepintas di media Inggris. Banyak orang yang mempertanyakan alasan Lauren Booth, seorang wanita yang dibesarkan dalam tradisi barat liberal dengan pandangan politik berhaluan kiri, memilih Islam yang dipandang konservatif sebagai agamanya.

Sebagai informasi, Lauren Booth merupakan anak dari aktor kawakan Inggris, Tony Booth.

“Ada semacam lompatan Kiri-Kanan di sini. Perpindahan dari gaya hidup liberal ke gaya hidup konservatif karena ada perilaku tertentu yang diharapkan dan Anda harapkan dari diri sendiri,"

“Tetapi ada sisi lain – bagi saya, sebenarnya, ini adalah perpanjangan dari sosialisme: kekayaan pribadi tidak terlalu penting; apa yang Anda berikan lebih berarti. Anda benar-benar diharapkan untuk peduli dengan orang di rumah berikutnya dan 20 tahun ke depan. jalan. Betapa indahnya itu?" ungkapnya.

Namun, narasi tersebut tidak seperti yang sering ditampilkan dalam program TV barat, di mana Islam digambarkan diselewengkan oleh kaum fundamentalis.

Beberapa liputan mengenai umat Islam di Amerika Serikat terkadang menimbulkan histeris seperti rencana pembangunan sebuah pusat Islam di Lower Manhattan, yang sering disebut sebagai "Masjid Ground Zero", dapat dilihat sebagai contohnya.

Booth mengatakan saat ini keadaan sedang berbalik, di mana orang mulai sibuk mencari agama.

“Mayoritas dari mereka adalah perempuan, dan seringkali mereka adalah perempuan profesional, karena kita menemukan kurangnya nilai-nilai dalam masyarakat kita sendiri.” pungkasnya

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan