LANGIT7.ID-, Jakarta- - Upaya nyata dalam memberdayakan UMKM di sektor kuliner terus ditunjukkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Terbaru, BRI mendukung gelaran event Jelajah KulinerIndonesia 2024 bertema "Menjelajahi Rasa, Merayakan Budaya"berlangsung di Sarinah, Jakarta pada tanggal 6 - 8 September 2024.Event ini menjadi salah satu kegiatan yang bertujuan untukmempromosikan dan mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, khususnya dalam industrikuliner.
Direktur Commercial, Small, and Medium Business BRI AmamSukriyanto mengungkapkan bahwa dukungan BRI terhadap event Jelajah Kuliner Nusantara 2024 ini menjadi upaya BRI untuk terusmeningkatkan potensi ekonomi di industri ekonomi kreatif, khususnyakuliner. “Acara ini kami harapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM sehingga dapat terbangun usaha yang berkualitas. Di sisi lain masyarakat juga diharapkan dapat menikmati dan mengonsumsi kuliner Nusantara sebagai warisan budaya,” ujar dia dalam keterangan resmi, Sabtu (7/9/2024).
Mengutip data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, kuliner sendiri merupakan subsektor penyumbang terbesar dari ProdukDomestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif. Subsektor kulinermenyumbang Rp455,44 triliun atau sekitar 41 persen dari total PDB ekonomi kreatif tahun 2020 sebesar Rp1.134 triliun.
Dalam event ini menghadirkan 100 UMKM binaan BUMN yang terdaftar di PaDi UMKM yang terbagi dalam dua area utama: 80 UMKM di area Pasar Jajan Indonesia dengan konsep minimarket, dan 20 UMKM kuliner otentik di area outdoor yang didatangkan langsungdari berbagai penjuru Indonesia, seperti Bebek Sinjay dari Bangkalan, Madura, Pecel Madiun Yu Gembrot dari Madiun, hingga kuliner khasIndonesia Timur.
Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting menyatakan, kegiatan ini tidak hanyabertujuan untuk membantu UMKM yang bergerak dalam sektormakanan dan minuman dalam memperluas pasar dan meningkatkanpenjualannya, tetapi juga sebagai upaya Kementerian BUMN untukmemperkenalkan dan melestarikan keanekaragaman kuliner nusantara, khususnya kepada generasi muda yang saat ini digandrungi oleh berbagai jenis makanan dan minuman dari luar negeri.
“Melalui bazar Jelajah Kuliner Indonesia ini, kita berharap generasimuda makin cinta dan bangga dengan makanan dan minuman khasIndonesia. Bahkan tidak itu saja, tapi juga mengkonsumsi dan membudayakan makanan dan minuman khas Indonesia di lingkungannya masing-masing,” ujar Loto Srinaita Ginting.
Kegiatan ini juga menjadi bagian dari upaya Kementerian BUMN untuk mendorong UMKM Go Digital dimana seluruh UMKM yang mengikuti bazar sudah terdaftar pada platform PaDi UMKM. Platformini dikembangkan atas inisiasi dari Kementerian BUMN untukmendukung pemasaran UMKM. Saat ini, PaDi UMKM telahberkembang menjadi marketplace B2B dengan berbagai fitur dan layanan yang dapat memenuhi kebutuhan pengadaan barang dan jasaperusahaan BUMN. Selain dapat mempertemukan seller UMKM dengan buyer BUMN, PaDi UMKM juga memiliki layanan yang dapat digunakan oleh masyarakat umum untuk melakukan transaksiretail, termasuk transaksi yang dilakukan dalam Bazar UMKM untukIndonesia. Seluruh transaksi yang dilakukan selama bazar, dilakukanmenggunakan platform PaDi UMKM.
Jelajah Kuliner Indonesia diharapkan dapat memberikan pengalamankuliner yang tak terlupakan bagi para Foodies (pengunjung). Selainmenikmati berbagai sajian kuliner otentik nusantara, Foodies juga dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan menarik, seperti talk show dengan narasumber UMKM Terbaik, Workshop Icip-Icip, LiveCooking oleh chef terkenal, Penampilan spesial dari Ghea Indrawaridan Nadhif Basalamah, serta berbagai fun activity dengan hadiah menarik.
(lam)