LANGIT7.ID-Jakarta; New Honda Vario 125 yang dirilis pada April 2024 lalu memang masih jadi primadona di kelas skutik entry level. Bukan tanpa alasan, motor ini membawa tampilan yang makin sporty serta kenyamanan yang ditingkatkan. Meski begitu, sebelum buru-buru membeli, sebaiknya calon konsumen mencermati beberapa detail penting dari motor ini agar tak kecewa di kemudian hari.
Banyak yang memuji Vario 125 terbaru karena suspensinya yang empuk. Saat berkendara di jalanan tidak rata atau saat melewati polisi tidur, motor ini bisa meredam getaran dengan baik. Hal itu berkat sokbreker yang empuk dan jok yang cukup tinggi—769 mm—dengan busa yang kenyal, memberikan pengalaman berkendara yang nyaman bagi pengendara harian.
Dari segi desain, tampilan depan dan belakang motor ini memang terlihat lebih tegas. Terutama pada bagian lampu sein-nya yang lebih lebar dan menyudut. Lampu sein-nya lebih lebar dan sudutnya tegas berbeda dengan keluaran sebelumnya, motor ini memiliki sudut Leg-sein yang tegas. Namun, penggunaan reflektor yang mirip dengan versi lama sedikit mengurangi kesan gagahnya. Meskipun demikian, desain keseluruhan tetap tampil rapi dan cocok untuk pengguna yang menginginkan tampilan ciamik serta sporty.
Pengendalian juga menjadi salah satu keunggulan. Posisi stangnya yang lebih rendah dari versi lama serta desain spion yang tidak terlalu lebar membuat motor ini terasa stabil dan mudah dikendalikan, terutama di tengah lalu lintas padat. Berbeda dengan desain yang lama, stang yang ada pada New Honda Vario 125 lebih rendah sehingga nyaman untuk berkendara.
Soal performa mesin, New Honda Vario 125 memang masih menggunakan mesin eSP 125 cc, SOHC 2 katup berpendingin cairan. Daya yang dihasilkan mencapai 124,8 cc—cukup untuk penggunaan harian yang dinamis. Akselerasi stop and go terasa responsif dan motor juga cukup bertenaga untuk menyalip kendaraan lain. Walaupun tidak se-powerful Vario 160, New Honda Vario 125 tidak selemah Beat atau Vario 110.
Sementara itu, bagian kaki-kaki juga mendapat penyempurnaan. Ukuran ban depan menggunakan 90 dan ban belakang 100, yang diadopsi dari Vario 150. Ukuran peleknya pun tergolong proporsional, dengan 215 untuk depan dan 250 di belakang. Bentuk peleknya dibuat melengkung agar serasi dengan bodi motor. Demikian juga pelek depan 215 belakang 250 yang memiliki desain proposional, akan tetapi desain pelek ini melengkung sehingga seirama dengan bodinya.
(lam)