alexametrics
kalender Rabu, 19 Januari 2022
home home & garden detail berita
Bagaimana Cara Atasi Tembok Rembes agar Tak Ribut dengan Tetangga?
Fifiyanti Abdurahman Rabu, 12 Januari 2022 - 20:27 WIB
Bagaimana Cara Atasi Tembok Rembes agar Tak Ribut dengan Tetangga?
Tembok yang rembes saat musim hujan. Foto: LANGIT7/iStock
LANGIT7.ID - , Jakarta - Rumah dempet atau rumah kopel merupakan jenis hunian yang memiliki satu dinding yang sama. Umumnya rumah dempet ini ditemui di pinggiran kota besar dalam bentuk komplek atau cluster kecil.

Namun, saat musim hujan jenis rumah seperti ini sering menimbulkan masalah seperti tembok atau atap rembes. Akibatnya, bagian dalam rumah pun jadi ikut bocor dan lembab. Alhasil, berpotensi memunculkan jamur yangn pastinya berpengaruh pada kesehatan.

Baca juga: Dekorasi Dinding dengan Kaligrafi Arab untuk Interior Modern

Selain itu, urusan atap atau tembok yang rembes juga bisa membawa masalah dengan tetangga. Daripada berlarut-larut ada baiknya untuk langsung memperbaiki sumber rembesan tersebut.

Perusahaan penyedia pekerja konstruksi Gravel Indonesia, melalui akun Twitternya berbagi tips untuk mengatasi masalah rembes atap. Menurut Gravel, agar masalah rembes terselesaikan bisa menggunakan acian anti air.

"Untuk bagian yang bersudut seperti di atas, terkadang cat waterproof aja gak cukup. Kalau gitu saatnya kita menggunakan: ACIAN ANTI AIR!" tulis di media sosial Gravel Indonesia.

Acian anti air ini bentuknya seperti semen acian, namun dengan kemampuan untuk menahan air tidak merembes ke dalam dinding. Cara pemakaiannya pun terbilang mudah.

Cukup mengerik cat dan acian yang lama sepanjang sudut pertemuan dinding Anda dan tetangga sebelah. Bila terlihat plesteran sudah mulai lapuk karena bocor, kerik juga di bagian tersebut.

Tahap selanjutnya dengan mengaplikasikan acian anti air seperti mengaci biasa. Acian anti air ini banyak dijual di pasaran, biasanya dijual dengan nama cement-based waterproofing.

Nah, saat melakukan watreproofing, Anda harus hati-hati dalam memilih jenisnya. Sebab penggunaan yang tidak tepat dengan kebutuhan akan berpengaruh pada hasilnya juga.

Waterproofing menjadi salah satu proses penting dalam menanggulangi tembok rembes dari tetangga. Pasalnya, penggunaan yang tidak tepat dengan kebutuhan serta pemilihan jenis waterproofing yang salah sangat berpengaruh pada hasil.

Baca juga: Hadirkan Dinding Roster untuk Desain Rumah Lebih Estetis

Pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan permukaan yang akan dilapisi waterproofing. Untuk mendapat hasil yang maksimal, pastikan permukaan bersih dari kotoran dan debu. Setelah itu lapisi area tersebut dengan waterproofing untuk mengantisipasi sumber kebocoran.

Langkah selanjutnya adalah perhatikan cara penggunaan saat melakukan waterproofing. Bila dalam kemasan tertulis 1 kg waterproofing hanya cukup untuk 1 meter persegi, pastikan Anda mengaplikasikannya tidak lebih dari yang disarankan.
(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 19 Januari 2022
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
12:07
Ashar
15:30
Maghrib
18:19
Isya
19:33
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Baqarah:14 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
وَاِذَا لَقُوا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قَالُوْٓا اٰمَنَّا ۚ وَاِذَا خَلَوْا اِلٰى شَيٰطِيْنِهِمْ ۙ قَالُوْٓا اِنَّا مَعَكُمْ ۙاِنَّمَا نَحْنُ مُسْتَهْزِءُوْنَ
Dan apabila mereka berjumpa dengan orang yang beriman, mereka berkata, “Kami telah beriman.” Tetapi apabila mereka kembali kepada setan-setan (para pemimpin) mereka, mereka berkata, “Sesungguhnya kami bersama kamu, kami hanya berolok-olok.”