home masjid

Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 22: Larangan Menyekutukan Allah SWT

Jum'at, 22 Juli 2022 - 16:16 WIB
Ilustrasi. Foto: Langit7.id/iStock.
Di antara 20 asma Allah, ar-Rahman dan ar-Rahim, yang artinya adalah Dzat yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, terkadang manusia terlalu fokus kepada cobaan hidup hingga lupa betapa besar kasih Allah kepada hamba-Nya. Allah menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya dan kehidupan di muka bumi dengan berbagai nikmat dan rezeki.

Oksigen yang kita hirup sejak lahir hingga dewasa dan buah-buahan yang kita petik di pepohonan diberikan kepada hamba-Nya tanpa harus bayar. Itu semua merupakan bentuk kasih Allah kepada hamba-Nya yang kerap kali dilupakan.

Sebagai umat muslim yang beriman, kita harus selalu bersyukur di setiap keadaan. Karena apa yang diuji Allah tidaklah sebanding dengan apa yang diberi kepada hamba-Nya. Ujian yang Allah berikan juga merupakan bentuk sayang kepada hamba-Nya.

Baca Juga:Ada Peran Istri di Balik Pembebasan Bersyarat Habib Rizieq Shihab

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 22:

ٱلَّذِى جَعَلَ لَكُمُ ٱلْأَرْضَ فِرَٰشًا وَٱلسَّمَآءَ بِنَآءً وَأَنزَلَ مِنَ ٱلسَّمَآءِ مَآءً فَأَخْرَجَ بِهِۦ مِنَ ٱلثَّمَرَٰتِ رِزْقًا لَّكُمْ ۖ فَلَا تَجْعَلُوا۟ لِلَّهِ أَندَادًا وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya