home wisata halal

Desa Wisata Dayun, Embung Buatan jadi Destinasi Unggulan

Ahad, 04 September 2022 - 22:00 WIB
Kawasan wisata Dayun kini menjadi destinasi wisata unggulan di Siak (foto: Kemenparekraf)
Desa Wisata Dayun menawarkan wisata edukasi berbasis alam dan buatan yang ditopang dengan produk kreatif, serta raga budaya. Keunikan desa ini menjadikan kawasan ini sebagai destinasi unggulan yang mengusung pariwisata berkualitas dan berkelanjutan.

Desa Wisata Dayun yang berada di Kabupaten Siak, Provinsi Riau ini terdapat embung buatan seluas 6.000 meter dengan kedalaman hingga 2 meter. Tak heran jika desa wisata ini masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Pada mulanya, embung ini difungsikan sebagai sumber air untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sekitar Dayun dan Siak. Seiring karkutla menurun pada 2019, kawasan ini sempat terbengkalai. Kemudian muncul ideide, kreativitas, dan kolaborasi pemerintah setempat bersama masyarakat yang didukung dunia usaha.

Baca juga:Objek Wisata Pemandian Clereng Tawarkan Kesegaran Mata Air Alami

Tahun 2021 kawasan ini direvitalisasi hingga kemudian menjadi salah satu destinasi wisata ungguln di Siak dan memberikan manfaat terhadap kebangkitan ekonomi serta terbukanya peluang usaha di kalangan masyarakat sekitar.

Kini, kawasan wisata ini setiap harinya ramai dikunjungi wisatawan bahkan dari luar Kabupaten Siak. Di kawasan wisata ini, Sahabat Langit7 dapat menikmati berbagai atraksi buatan yang dihadirkan, mulai dari ragam atraksi outbound, wisata air, mural dayun, camping ground, hingga flying fox.

Selain itu, Sahabat Langit7 juga dapat berziarah ke Makam Tuk Antan Berdarah Putih atau Khalifah Kholil yang merupakan seorang tokoh asli Kampung Dayun yang dihormati hingga sekarang oleh masyarakat Dayun.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
desa wisata anugerah desa wisata indonesia sandiaga salahuddin uno kemenparekraf destinasi wisata
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya