Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 17 September 2024
home wisata halal detail berita

Objek Wisata Pemandian Clereng Tawarkan Kesegaran Mata Air Alami

hasanah syakim Senin, 08 Agustus 2022 - 23:35 WIB
Objek Wisata Pemandian Clereng Tawarkan Kesegaran Mata Air Alami
Pemandian Clereng di Kulon Progo menawarkan mata air yang masih segar dan alami (foto: visitingjogja.jogjaprov.go.id)
LANGIT7.ID, Kulon Progo - Pemandian Clereng merupakan objek wisata yang menawarkan kolam pemandian yang bersumber dari air bawah tanah. Aliran mata air yang jernih dan segar menjadi daya tarik dari pemandian ini.

Dilansir dari visitingjogja.jogjaprov.go.id, Pemandian Clereng berada di Desa Sendangsari, Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta. Tempat wisata ini berjarak kurang lebih sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta.

Pemandian Clereng terdiri atas kolam alami atau sendang. Air sendang berasal dari mata air dengan alas berupa batuan cadas serta lumut alami. Hal ini menambah keunikan objek wisata Pamandian Clereng.

Baca juga: 11 Menu Khas Keraton Mangkunegaran Dihidangkan saat IWTCF 2022

Selain itu, terdapat juga dua kolam buatan berkedalaman hingga dua meter dan setengah meter. Tempat wisata sudah dikenal sejak lama, sehingga wisatawan dapat dengan mudah menemukan papan petunjuk jalan menuju lokasi.

Selain dikenal sebagai salah satu pemandian tertua di Kulon Progo, Pemandian Clereng juga dikenal mempunyai riwayat historis yaitu pernah menjadi tempat singgah Sunan Kalijaga pada zaman penyebaran agama Islam.

Pemandian Clereng kerapkali ramai dikunjungi terutama saat menjelang Bulan Ramadhan, di mana masyarakat akan berbondong-bondong datang ket tempat ini untuk melakukan tradisi padusan.

Keindahan alam di Pemandian Clereng cocok dijadikan tempat untuk melepas penat dari hiruk pikuk pekerjaan. Pemandangan sekitar pemandian yang berupa tebing-tebing juga menambah elok lokasi wisata ini.

Di wilayah ini Sahabat Langit7 juga dapat menemui pasar tradisional yang ramai dan menjual makanan khas Clereng. Salah satu makanan yang wajib adalah geplek Clereng yang terkenal gurih dan kenyal.

Baca juga: Wisatawan Muslim Naik Signifikan, Jakarta Komitmen Jadi Destinasi Wisata Halal

Objek wisata ini dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai mulai dari kamar mandi, kamar ganti, gazebo, warung makan, musholla, area parkir, serta tempat penyewaan alat berenang.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pemandian ini yaitu di pagi dan sore hari sebab suasana akan lebih teduh dan menyegarkan. Sahabat Langit7 hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp5 ribu serta biaya parkir Rp2 ribu untuk motor dan Rp5 ribu untuk mobil.

(sof)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 17 September 2024
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
11:51
Ashar
15:03
Maghrib
17:53
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan