home global news

Hadapi Musim Hujan, Berikut Cara Antisipasi Banjir dan Longsor

Jum'at, 24 November 2023 - 08:00 WIB
ilustrasi
Memasuki musim penghujan, masyarakat diminta mengantisipasi datangnya bencana alam, seperti banjir. Mengantisipasi terjadinya bencana yang mungkin terjadi akibat curah hujan tinggi, diperlukan antisipasi yang baik dari semua pihak.

Pengurus Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LPBI PBNU) M Ali Yusuf menjelaskan, saat musim hujan telah tiba, minimal ada dua ancaman bencana yang akan terjadi, yaitu banjir dan tanah longsor.

Menurutnya, masyarakat harus mengetahui serangkaian upaya yang harus dilakukan mulai dari pra, saat, dan pascabencana.

“Sebelum terjadi bencana banjir dan tanah longsor, yang harus dilakukan adalah kenali kondisi lingkungan di sekitar rumah dan lingkungan kita terkait potensi ancaman bencana, lalu lakukan pemetaan titik-titik rawan bencana di sekitar rumah dan lingkungan sekitar kita,” ujarnya melansir NU Online, Kamis (23/11/2023).

Dia mengingatkan masyarakat melakukan berbagai upaya antisipasi untuk mengurangi potensi dampak kejadian bencana untuk keluarga dan komunitas, serta selalu memantau informasi terkait cuaca.

Baca juga:BMKG Prediksi 2023 Berpotensi Jadi Tahun Terpanas

Selain itu, susun mekanisme komunikasi dan koordinasi, serta susun sistem peringatan dini baik di tingkat keluarga dan komunitas. “Khusus longsor, kenali gejala atau tanda-tanda akan terjadi longsor seperti retakan di lereng, dan lain-lain. Siapkan dokumen dan perbekalan penting ke dalam tas atau sejenisnya dan posisikan di tempat yang mudah dijangkau,” imbuh Ali Yusuf.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya