alexametrics
kalender Rabu, 19 Januari 2022
home global news detail berita
Gempa Banten Terasa hingga Jabodetabek, Yuk Baca Doa Ini
Jaja Suhana Jum'at, 14 Januari 2022 - 18:05 WIB
Gempa Banten Terasa hingga Jabodetabek, Yuk Baca Doa Ini
Ilustrasi seseorang sedang memanjaatkan doa. (Foto: Langit7.id/iStock)
LANGIT7.ID, Jakarta - Dibalik suatu musibah pasti terdapat hikmah yang Allah SWT berikan kepada orang-orang yang bersabar menghadapinya. Karena itu adalah hal yang terbaik yang harus dilakukan oleh seorang muslim ketika mendapatkan musibah, yakni bersabar dan berserah diri kepada Allah SWT.

Pada Jum'at (14/1/2022) pukul 16.05 WIB, terjadi gempa dengan kekuatan 6,7 Magnitudo. Gempa bumi tersebut juga terasa di kawasan Jabodetabek hingga Lampung.

Baca juga: Doa Mohon Keselamatan dan Kesehatan yang Bisa Dibaca Setiap Hari

Sebagai seorang muslim kita harus berusaha menghindari musibah gempa bumi dengan segera keluar dari gedung ke ruangan terbuka dan sebagainya. Namun tentunya tidak lupa kita juga hendaknya berdoa memohon perlindungan kepada Allah SWT. Salah satu doa yang dapat dibaca ketika terjadi gempa maupun sesudahnya adalah sebagai berikut.

Allahumma inni asaluka khairaha wa khaira maa fiha, wa khaira maa arsalta bihi, wa'audzubika min syarriha, wasyarri maa fiha wasyarri maa arsalta bihi.

Artinya: Ya Allah sesungguhnya aku memohon ke hadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan atas apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya. Dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.

Baca juga: Doa saat Terjadi Gunung Meletus dan Ada Korban Jiwa

Selain doa di atas, kita juga dapat berdoa untuk saudara-saudara kita yang tertimpa bencana dengan mengucapkan "innalillahi waiina ilaihi rajiun, Allahumma ajirhum fi mushibatim wa akhlif lahum khairan minha.

Artinya: Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan akan kembali kepada-Nya. Ya Allah berikanlah mereka pahala dalam musibah mereka dan gantilah dengan yang lebih baik.

Semoga gempa bumi yang terjadi hari ini tidak menimbulkan dampak yang serius terhadap masyarakat, terutama yang ada di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. Dan semoga kita semua dijauhkan dari bencana lainnya. Aaamiin.

Baca juga: Doa ketika Melihat atau Mengalami Musibah Kecelakaan
(asf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 19 Januari 2022
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
12:07
Ashar
15:30
Maghrib
18:19
Isya
19:33
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Baqarah:14 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
وَاِذَا لَقُوا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قَالُوْٓا اٰمَنَّا ۚ وَاِذَا خَلَوْا اِلٰى شَيٰطِيْنِهِمْ ۙ قَالُوْٓا اِنَّا مَعَكُمْ ۙاِنَّمَا نَحْنُ مُسْتَهْزِءُوْنَ
Dan apabila mereka berjumpa dengan orang yang beriman, mereka berkata, “Kami telah beriman.” Tetapi apabila mereka kembali kepada setan-setan (para pemimpin) mereka, mereka berkata, “Sesungguhnya kami bersama kamu, kami hanya berolok-olok.”