Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Senin, 29 April 2024
home wisata halal detail berita

Panorama Indah Wisata Pantai Sarangan Gunung Kidul

hasanah syakim Selasa, 31 Mei 2022 - 18:10 WIB
Panorama Indah Wisata Pantai Sarangan Gunung Kidul
Pantai Sarangan, Gunung Kidul (foto: visityogya)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Pantai Sarangan merupakan objek wisata bahari yang terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul,
Pantai Sarangan menawarkan keindahan begitu menawan dengan bukit yang menjulang dan debur ombat laut selatan. Pantai ini berdekatan dengan Pantai Krakal. Jaraknya hanya sekitar 4 kilometer.

Dikutip dari visitingjogja.jogjaprov.go.id, objek wisata ini dapat ditempuh dari pusat Kota Yogyakarta yang berjarak sekitar 70 kilometer dan membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan.

Untuk menjangkau tempat ini usahakan menggunakan kendaraan pribadi, atau menyewa kendaraan. Sebab kendaraan umum menuju kawasan ini cukup sulit ditemukan.

Baca juga: Pantai Tanjung Bira, Destinasi Wisata yang Terkenal Hingga Mancanegara

Pantai Sarangan memiliki keindahan yang tak kalah dengan pantai lainnya di Gunung Kidul, saat hendak berkunjung ke tempat ini cukup mengikuti jalur menuju Pantai Krakal, setelah sampai di pintu retribusi para wisatawan bisa langsung mengikuti papan petunjuk yang dapat ditemui di kawasan tersebut.

Keberadaan tebing yang ada di sisi kanan dan kiri pantai menjadi daya tarik Pantai Sarangan, pantai ini belum begitu populer dikalangan para wisatawan seperti pantai lain sehingga pantai ini terasa sepi.

Saat berada di pantai ini para wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas, dengan kondisi ombak pantai yang tidak begitu tinggi sehingga para wisatawan dapat bermain air di tepi pantai.

Saat kondisi pantai sedang surut, para wisatawan juga bisa melihat beragam biota pantai mulai dari ikan kecil, bulu babi, kepiting, ubur-ubur dan lainnya.

Pantai Sarangan mempunyai lengkunga garis pantai yang tidak mencapai 200 meter yang membuat pantai ini berbeda dengan pantai di Gunung Kidul lainnya. Garis pantai yang melengkung ini menjadi daya tarik dari wisata Pantai Sarangan.

Para wisatawan juga dapat melakukan aktivitas berkemah dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan tetap menjaga kelestarian alam. Suasana pantai yang tenang nan syahdu malam hari dilengkapi suara deburan ombak dan sejuknya angin malam menambah sensasi bermalam bersama teman maupun keluarga saat berkemah.

Baca juga: Taman Wisata Alam Posong, Indahnya Panorama Alam Pegunungan di Lereng Sumbing

Tak kalah menarik dari wisata Pantai Sarangan ini wisatawan juga bisa menyalurkan hobi memancing di lokasi ini. Terdapat beberapa spot menarik untuk memancing seperti di pinggir pantai, ataupun di tebing kanan dan kiri pantai.

Pengelola pantai ini juga menyediakan berbagai fasilitas yang cukup lengkap bagi para wisatawan, mulai dari kamar mandi, penginapan, mushola, kantor parkir, pendopo untuk bersantai, dan beberapa warung makanan. Sahabat Langit7 yang hendak ke Pantai Sarangan dapat menikmati keindahan pantai ini cukup dengan mengeluarkan biaya retribusi sebesar Rp10 ribu, dan uang parkir Rp3 ribu untuk motor, Rp5 ribu untuk mobil.

(sof)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Senin 29 April 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:50
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan