Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 24 April 2024
home lifestyle muslim detail berita

5 Bahaya Naik Motor Pakai Sendal Jepit, Rawan Sekali Celaka

mahmuda attar hussein Rabu, 15 Juni 2022 - 09:00 WIB
5 Bahaya Naik Motor Pakai Sendal Jepit, Rawan Sekali Celaka
Ilustrasi pengendara motor. (Foto: Istimewa).
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT.ID, Jakarta - Ada 5 bahaya naik motor pakai sendal jepit yang mesti diketahui para pengendara motor. Kondisi ini rawan sekali membuat seseorang mengalami kecelakaan parah.

Naik motor pakai sendal jepit memang tidak lah dianjurkan. Bahkan baru-baru ini Korlantas Polri bakalan tegas terhadap para pemotor yang berkendara secara tidak aman.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi mengatakan, hal ini berkaitan dengan keselamatan saat berlalu lintas. Kepolisian akan menegur pengendara yang kedapatan memakai sendal jepit saat Operasi Patug Jaya 2022.

"Imbauan ini untuk meminimalisasi risiko kecelakaan saat berkendara," kata Irjen Pol Firman dalam keterangannya, belum lama ini.

Lalu apa saja bahaya naik motor pakai sendal jepit? Berikut 5 risiko berkendara tanpa keamanan memadai:

1. Kaki luka parah saat kecelakaan

Potensi kerawanan pertama yakni kaki mengalami luka parah saat terjadi kecelakaan. Sebab bagian tersebut minim perlindungan, sehingga paling berisiko tinggi.

2. Terinjak pengendara lain

Masalah kedua yakni kemungkinan terinjak pengendara lain ketika berhenti di traffic light. Kondisi ini kerap terjadi bagi bikers yang sehari-hari menggunakan motor saat beraktivitas.

3. Licin saat hujan

Sol sendal jepit lebih cepat mengalami aus. Kondisi ini membuat penggunanya extra hati-hati, sebab sandal jepit bakalan licin di permukaan basah. Lalu bagaimana risiko pengendara motor yang pakai sendal licin ketika hujan?

4. Awas kena knalpot

Luka terkena knalpot motor bukan lah insiden langka. Bikers paling tahu alasan luka tersebut kerap menghantui para pengendara motor. Salah satu alasannya karena fakor minim alat keamanan.

5. Ban saja bisa bocor

Yaps, ban saja bisa bocor saat terkena paku atau sejumlah benda tajam. Lalu bagaimana dengan kaki Anda yang hanya beralas sendal jepit? Jadi pilih lah yang paling aman dan nyaman, yakni menggunakan sepatu.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 24 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:52
Isya
19:02
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan