alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Minggu, 26 Juni 2022
home masjid detail berita

Selain Arsitektur Megah, Ini Fasilitas Masjid At Thohir yang Menawan

Jaja Suhana Kamis, 23 Juni 2022 - 18:15 WIB
Selain Arsitektur Megah, Ini Fasilitas Masjid At Thohir yang Menawan
Masjid At Thohir di Cimanggis Depok. Foto: Istimewa.
LANGIT7.ID, Jakarta - Masjid At Thohir Cimanggis Depok menjadi daya tarik wisata religi bagi masyarakat sekitar. Arsitektur bangunannya yang indah membuat umat muslim nyaman berlama-lama di sana, baik untuk beribadah maupun mengabadikan momen bersama keluarga.

Koordinator Bidang Dakwah Masjid At Thohir, Muhammad Fauzi, mengatakan selain arsitekturnya yang megah, At Thohir juga dilengkapi berbagai sarana penunjang yang membuat pengunjung nyaman dan betah di sana.

Berikut Langit7 rangkum beberapa fasilitas penunjang masjid At Thohir:

1. Lampu Martin

Masjid At Thohir, terlihat memancarkan cahaya pada malam hari. Hal itu berkat adanya belasan lampu martin yang ada di setiap sudut masjid. Saat malam tiba, lampu-lampu itu diaktifkan dan akan menembakkan cahaya warna-warni. Bila diamati dari jauh masjid At Thohir jadi terlihat bercahaya.

Selain Arsitektur Megah, Ini Fasilitas Masjid At Thohir yang Menawan

"lampu (martin) itu yang memberi warna-warni di masjid sehingga dengan jumlah yang banyak seolah-olah tembok masjid ini berwarna padahal dia ditembak lampu," ujar Fauzi saat ditemui Langit7, Kamis (23/6/2022).

2. Amphitheater

Masjid At Thohir juga dilengkapi amphitheater sebagai tempat pertunjukan di luar ruangan. Tersedia bangku-bangku memanjang ke atas yang menghadap langsung ke panggung di bawah sebagai tempat pertunjukan. Menurut Fauzi, amphiteater tersebut dapat digunakan sebagai tempat pertunjukan musik atau bisa juga sebagai tempat dakwah outdoor.

3. Video Maping/Videotron

Salah satu yang menarik dan belum ada di masjid manapun di Indonesia adalah adanya video maping di Masjid At Thohir. Ada dua bangunan seperti gapura di sisi masjid, di dalam gapura tersebut terdapat proyektor yang menembakan sinar ke tembok masjid.

"Jadi kalau kita mau nonton video maping atau videotron itu dari sebrang sana, jadi masjid ini ibarat layarnya. Ada beberapa konten, seperti ornamen batik daerah dari Lampung, Palembang, dan mana-mana yang ditayangkan," kata Fauzi.

Video Maping ini unik karena diatur sedemikian rupa sehingga setiap sudut bangunan dapat terkena gambar. Sehingga walaupun bangunannya tidak berbentuk persegi, namun pengunjung dapat menikmati gambar utuh dan tidak terpotong.

4. Baterai Charge

Selain Arsitektur Megah, Ini Fasilitas Masjid At Thohir yang Menawan

Bagi pengunjung yang kehabisan baterai gawainya saat mengunjungi At Thohir, tidak perlu panik dan mencari colokan di sekitar masjid. Karena Masjid At Thohir menyedikan mesin penyewaan power bank (recharge balance). Pengunjung tinggal mengunduh aplikasi recharge, kemudian top up, setelah itu tinggal mengikuti arahan dari mesin tersebut.

5. Aula

Ada juga aula yang cukup luas di lantai dasar masjid. Aula ini dapat digunakan pengunjung untuk beristirahat, seperti makan bersama keluarga. Lampu-lampu di atas dipantulkan oleh lantai marmer hitam menjadi keindahan tersendiri aula ini.

Selain Arsitektur Megah, Ini Fasilitas Masjid At Thohir yang Menawan

Yuk sahabat Langit7 berkunjung ke masjid tersebut di akhir pekan bersama keluarga. Semoga menjadi momen yang menyenangkan dan penyemangat dalam meningkatkan kualitas ibadah.

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Minggu 26 Juni 2022
Imsak
04:31
Shubuh
04:41
Dhuhur
11:59
Ashar
15:20
Maghrib
17:52
Isya
19:06
Lihat Selengkapnya
QS. An-Nisa':17 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
اِنَّمَا التَّوْبَةُ عَلَى اللّٰهِ لِلَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ السُّوْۤءَ بِجَهَالَةٍ ثُمَّ يَتُوْبُوْنَ مِنْ قَرِيْبٍ فَاُولٰۤىِٕكَ يَتُوْبُ اللّٰهُ عَلَيْهِمْ ۗ وَكَانَ اللّٰهُ عَلِيْمًا حَكِيْمًا
Sesungguhnya bertobat kepada Allah itu hanya (pantas) bagi mereka yang melakukan kejahatan karena tidak mengerti, kemudian segera bertobat. Tobat mereka itulah yang diterima Allah. Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.
QS. An-Nisa':17 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan