Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 19 April 2024
home home & garden detail berita

4 Tips Bikin Garasi Mobil di Rumah Minimalis, Begini Desainnya

mahmuda attar hussein Ahad, 14 Agustus 2022 - 15:00 WIB
4 Tips Bikin Garasi Mobil di Rumah Minimalis, Begini Desainnya
Ilustrasi garasi mobil. (Foto: 99.co).
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Ada tips bikin garasi mobil untuk rumah minimalis. Ruangan ini penting untuk melindungi mobil dari paparan sinar matahari, hujan, debu, dan bahkan pencurian.

Ukuran rumah minimalis terkadang membuat warga harus merelakan mobil diparkir di pinggir jalan. Kondisi ini kerap kali menimbulkan masalah dengan tetangga.

Padahal selain mengganggu jalanan umum, mobil yang parkir di pinggir jalan juga rawan bahaya dan tampak kusam.

Baca Juga: Tak Harus Garasi, Begini Dekorasi Carport untuk Rumah Minimalis

Untuk itu, berikut Langit7 hadirkan tips membuat garasi mobil di rumah minimalis:

1. Manfaatkan ruang dalam pagar

Area dalam pagar rumah biasanya dimanfaatkan untuk taman dan teras. Nah Sahabat sebetulnya bisa merelakan bagian tersebut untuk difungsikan sebagai garasi mobil.

Taman di halaman rumah bisa Sahabat sulap untuk dijadikan garasi mobil. Bila tetap ingin ada tanaman menghiasi rumah, Sahabat bisa memanfaatkan vertical garden sebagai solusi lainnya.

2. Kecilkan ruang tamu/kamar

Ruangan bagian depan rumah minimalis biasanya akan dimanfaatkan untuk kamar atau ruang tamu. Nah, Sahabat bisa mengecilkan sedikit ruangan tersebut agar mobil bisa masuk dan di parkir di dalam halaman rumah.

Bukan mengalihfungsikan ruangan itu untuk dijadikan garasi seutuhnya, melainkan hanya mengambil sedikit bagian ruangan sehingga mobil Sahabat bisa parkir.

Sebab, terkadang banyak masalah yang timbul ketika Sahabat memaksa memarkir mobil di rumah minimalis, seperti pagar yang tidak bisa ditutup, ataupun hingga memakan bagian jalan umum.

Untuk itu, mengambil (memundurkan) sedikit tembok kamar atau ruang tamu bisa menjadi salah satu solusi atas perkara tersebut.

3. Pasang atap

Selain memastikan mobil bisa parkir di dalam pagar rumah, Sahabat juga harus memberikan atap sebagai pelindung dari sinar matahari dan air hujan. Fungsinya, menjaga mobil Sahabat tetap bersih dan memanjangkan umur cat mobil.

4. Carport

Kalau biasanya garasi membutuhkan ruang tertutup lengkap dengan pintu rolling door, maka Sahabat bisa membuatnya lebih simpel, yaitu dengan hanya membuat carport saja.

Untuk carport, Sahabat tidak perlu harus menutup keseluruhan ruang, tapi hanya menutup bagian atap dengan kanopi ataupun baja ringan. Sehingga mobil tetap dapat terlindungi dari panas dan air hujan.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 19 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:55
Ashar
15:14
Maghrib
17:53
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan