Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 14 September 2024
home wirausaha syariah detail berita

Punya Kesamaan Produk, Ini Tantangan Pelaku Ekspor Negara Tujuan Meksiko

mahmuda attar hussein Rabu, 18 Agustus 2021 - 20:09 WIB
Punya Kesamaan Produk, Ini Tantangan Pelaku Ekspor Negara Tujuan Meksiko
Ilustrasi ekpsor produk Indonesia ke Meksiko. Foto: Langit7/Istock
LANGIT7.ID, Jakarta - Meksiko diketahui memiliki beberapa produk di pasaran yang memiliki persamaan dengan Indonesia. Hal ini menjadikan produk Indonesia cukup sulit untuk bersaing.

Direktur ITPC Mexico City, Husodo Kuncoro Yakti mengatakan, perlu ada pemahaman bagi para pelaku ekspor di Indonesia terkait karakteristik pasar yang ada di Meksiko. Salah satunya adalah mayoritas orang Meksiko mengedepankan jalinan kepercayaan untuk bisa bekerja sama dalam jangka panjang.

“Karakteristik pasar meksiko, mereka lebih suka membeli produk dalam jumlah kecil. Selain itu, produk Meksiko dan Indonesia cukup memiliki kesamaan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagaimana menjadikan produk Indonesia memiliki keunggulan dibandingkan produk Meksiko,” katanya dalam Webinar Merdeka Ekspor, UKM Merdeka, Rabu (18/7).

Baca juga: Ekspor Perikanan Indonesia Meningkat di Masa Pandemi

Tantangan lainnya ialah biaya logistik yang cukup tinggi karena jarak yang cukup jauh dari Indonesia. Sehingga perlu dicermati terkait kalkulasi harga hingga bisa sampai diterima di Meksiko.

Terlebih, kebanyakan orang Meksiko tidak bisa berbahasa Inggris juga menjadi kendala tersendiri. Selain itu, belum ada perjanjian dagang antara Indonesia dan Meksiko juga menjadi penyebab tingginya pajak di Meksiko.

“Akibat penduduknya yang mayoritas berbahasa Spanyol, maka semua produk yang masuk harus berlabel dengan bahasa spanyol pula. Belum lagi Meksiko sudah melabelkan standar nasional dalam produknya, seperti kandungan nutrisi. Jadi terkait kandungan yang berbeda dengan standar perlu ada penyesuaian kembali,” ujarnya.

Baca juga: Sulsel Capai Nilai Ekspor USD 614 Juta ke Lima Negara

Husodo mengaku telah melakukan strategi promosi terkait dengan pendalaman pengalaman institusi dan produk. Saat ini pihaknya juga telah melakukan promosi atau pameran yang tertarget dan mengoptimalisasikan media produk yang dilakukan secara online karena dunia masih dalam kondisi pandemi.

Menurutnya, salah satu solusi yang bisa dihadirkan untuk menghemat biaya ongkos kirim ekspor ke Meksiko ialah dengan melakukan pengiriman besama untuk memaksimalkan volume. Selain itu, karena adanya beberapa kesamaan produk, perbedaan detail menjadi sangat penting.

“Jangan secara langsung memasang produk dengan harga tinggi, karena persaingan produk di pasar global itu cukup ketat. Tentu negara yang menghadirkan harga lebih murah akan menjadi pilihan daripada harga yang mahal,” ujarnya.

(zul)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 14 September 2024
Imsak
04:22
Shubuh
04:32
Dhuhur
11:52
Ashar
15:05
Maghrib
17:53
Isya
19:02
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan