Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Senin, 29 April 2024
home home & garden detail berita

4 Tips Dekorasi Minimalis, Cocok untuk Ruang Tamu Kecil

Andi Muhammad Selasa, 15 November 2022 - 10:00 WIB
4 Tips Dekorasi Minimalis, Cocok untuk Ruang Tamu Kecil
Ilustrasi. Foto: Langit7.id/iStock.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Ada empat dekorasi minimalis yang cocok untuk ruang tamu kecil agar terlihat elegan. Di era sekarang banyak ide kreatif agar hunian tampak elegan tanpa perlu memiliki hunian megah.

Tentunya ruang tamu merupakan area penting sebab digunakan untuk menyambut tamu. Karenanya, dekorasi minimalis sangat cocok, terlebih jika memiliki area ruang tamu kecil.

Melansir Dekoruma, berikut empat tips dekorasi minimalis untuk ruang tamu kecil agar terlihat elegan:

Baca Juga: 3 Keuntungan Miliki Tanaman Bonsai di Ruang Tamu

1. Gunakan Warna Netral

Pemilihan warna sangat berpengaruh dalam mendesain ruangan. Penggunaan warna netral dan kalem sangat cocok untuk ruang tamu berukuran kecil. Warna putih atau abu-abu dapat menjadi pilihan utama, diikuti properti dengan warna selaras.

Begitu pula dengan warna interior-interior lainnya. Warna-warna tersebut dapat membuat ruang tamu terasa elegan dan sedap dipandang.

2. Hindari Penggunaan Meja Besar

Meja yang besar tentunya akan memakan banyak space pada ruang tamu kecil. Sebab itu, sebaiknya memilih meja yang berukuran sesuai dengan ruangan. Bahkan cukup dengan meja kecil saja kemudian ditambahkan dengan rak atau kabinet disandarkan di dinding.

Rak tersebut dapat berfungsi untuk menaruh barang yang tidak mampu ditampung oleh kecilnya ukuran meja. Pemilihan rak juga dapat memperindah ruang tamu kecil dan lebih fungsional.

3. Sesuaikan Ukuran Sofa

Ukuran sofa juga perlu diperhatikan, menggunakan sofa berukuran besar akan membuat ruang tamu semakin kecil. Pilih ukuran sofa dengan menyesuaikan luas ruang tamu, sofa kecil pun tak jadi masalah jika memiliki perpaduan warna yang senada dengan cat serta interior ruang tamu.

Sofa minimalis dengan bentuk sederhana merupakan pilihan paling tepat untuk ruang tamu berukuran terbatas. Ini tentunya akan memberi kesan ruang tamu lebih lapang dan lega.

4. Rutin Rapihkan Ruangan

Hal yang tak kalah penting yakni rutin merapihkan ruang tamu. Barang-barang yang berserakan di ruang tamu akan membuat bak kapal pecah. Jika sering dirapihkan, alhasil ruang tamu kecil senantiasa terlihat rapih dan elegan.

Adab Bertamu

Dalam Islam segala aspek dalam hidup diajarkan sedemikian rupa, termasuk adab sebelum memasuki rumah. Seperti firman Allah dalam surat An-Nur ayat 27:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تَدْخُلُوا۟ بُيُوتًا غَيْرَ بُيُوتِكُمْ حَتَّىٰ تَسْتَأْنِسُوا۟ وَتُسَلِّمُوا۟ عَلَىٰٓ أَهْلِهَا ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat.

Berdasarkan tafsir Ibnu Katsir pada ayat di atas, Sekretaris Dewan Hisbah Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis), KH Zae Nandang mengatakan, ayat tersebut merupakan adab bagaimana seharusnya seorang muslim bertamu ke rumah orang lain.

Karena, kata dia, Islam merupakan agama yang sempurna dan menjunjung nilai adab sopan santun. Oleh karena itu, Allah mendidik hamba-hamba-Nya dengan diturunkannya surat tersebut.

"Jika diizinkan masuk, masuk, jika tidak, jangan memaksa, tidak usah maka kembali saja. Karena ahlul baitnya tidak mengizinkan," kata KH Zae Nandang dalam kajiannya di kanal Persis TV.

Baca Juga: Kombinasi Warna Favorit Rasulullah, Hadirkan Kesejukan di Ruang Tamu

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Senin 29 April 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:50
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan