Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 24 April 2024
home masjid detail berita

Waktu Mustajab, Berdoa saat Hujan Ternyata Lebih Cepat Diijabah

mahmuda attar hussein Kamis, 17 November 2022 - 14:45 WIB
Waktu Mustajab, Berdoa saat Hujan Ternyata Lebih Cepat Diijabah
Ilustrasi berdoa saat hujan. (Foto: Istimewa).
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Salah satu waktu mustajab berdoa ialah saat hujan. Umat Islam dianjurkan memperbanyak permohonan dan permintaan kepada Allah SWT ketika sedang hujan.

Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad SAW bersabda: "Dua doa yang tidak akan ditolak: [1] doa ketika adzan dan [2] doa ketika ketika turunnya hujan." (HR Al Hakim dan Al Baihaqi).

"Nabi SAW melanjutkan, kalau rahmat Allah sedang turun maka berdoalah, karena doa akan diijabah," kata pendakwah, Ustadz Khalid Basalamah dikutip dari kanal YouTube Kajian Ar-Rahman, Kamis (17/11/2022).

Ustadz Khalid mengungkapkan, hujan merupakan tanda kebesaran Allah. Air hujan terbukti memiliki kemurnian dan merupakan salah satu air yang bersih.

Baca Juga: Lafazkan Doa Ini saat Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir

"Maka Nabi Muhammad SAW saat turun hujan membuka imamah dan sebagian bajunya lalu membiarkan kepala dan badannya basah (karena air hujan)," ujarnya.

Rasulullah melakukan itu karena air hujan merupakan rahmat yang diturunkan oleh Allah ke bumi. Untuk itu, dia mengingatkan agar kaum muslimin tidak mengeluh saat hujan turun.

Allah berfirman, "Dan Kami turunkan dari langit air yang penuh keberkahan lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam." (QS. Qaaf: 9).

Adapun salah satu doa ketika turun hujan:

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا هَنِيًّا وَسَيِّبًا نَافِعًا

Allâhumma shayyiban haniyyâ wa sayyiban nâfi‘â.

Artinya, "Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat."

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 24 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:52
Isya
19:02
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan