alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 07 Februari 2023
home global news detail berita

Muhammadiyah Perlu Manajer Profesional Kelola Persyarikatan

Suandri Ansah Jum'at, 18 November 2022 - 14:15 WIB
Muhammadiyah Perlu Manajer Profesional Kelola Persyarikatan
Muhammadiyah Perlu Manajer Profesional Kelola Persyarikatan. Foto: Istimewa.
LANGIT7.ID, Jakarta - Tokoh Muda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak menilai Muhammadiyah butuh sosok manajer dakwah untuk mengelola persyarikatan dengan profesional. Sosok yang mampu meramu semua potensi menjadi kekuatan dakwah Muhammadiyah yang menghadirkan kebaruan.

“Diskursus Manajer Dakwah yang mumpuni itu bukan tentang umur biologis, tapi tentang kapasitas dan kepemimpinan,” kata Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, dalam keterangannya Jumat (18/11/2022).

Karenanya, Dahnil mendorong Muktamar ke 48 Muhammadiyah di Solo pada 18 sampai 20 November 2022 untuk merumuskan kembali agenda Gerakan Tajdid, pembaharuan jilid 2. Gerakan Tajdid merupakan acuan aktivitas dakwah organisasi yang didirikan KH Ahmad Dahlan ini.

Menurut dia, Muhammadiyah harus mampu menawarkan kebaharuan dalam kehidupan umat yang relevan dengan masanya. Seperti banyak aksi dan pikiran-pikiran baru yang dilakukan Muhammadiyah di awal pendiriannya oleh KH Ahmad Dahlan.

Baca Juga: Peresmian Masjid hingga Pospenas, Ini 5 Acara Besar di Solo Selama November 2022

“Karena sejatinya Ruhnya Muhammadiyah ya Tajdid, ya kepeloporan pembaharuan. Bila ruh ini mati, maka mati pula Muhammadiyah,” tutur Dahnil.

Jangan sampai Muhammadiyah hanya menjadi sekadar yayasan super besar yang mengelola berbagai amal usaha. Mengurusi layanan sosial seperti rumah sakit, sekolah dan universitas yang dipastikan juga akan dipenuhi dengan ragam kompetisi dinamis, politik internal dalam pengelolaannya.

Ke depan, lanjutnya, Muhammadiyah akan terus dihadapkan dalam masalah kesenjangan kualitas amal-amal usaha yang jumlahnya ribuan tersebut. Inilah pekerjaan rumah yang harus dicarikan rumusan penyelesaiannya oleh muktamirin, menurut Dahnil.

“Ada amal usaha sekolah, universitas dan rumah sakit yang maju dan kaya sekali, namun lebih banyak amal usaha sekolah, universitas dan rumah sakit yang berjuangan mati-matian untuk tetap bisa bertahan dan melayani,” tuturnya.

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 07 Februari 2023
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
12:10
Ashar
15:27
Maghrib
18:20
Isya
19:32
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan