Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 03 Mei 2024
home global news detail berita

Jokowi: Muhammadiyah Berperan Besar Bantu Penanganan Covid-19

ahmad jilul qurani farid Sabtu, 19 November 2022 - 13:25 WIB
Jokowi: Muhammadiyah Berperan Besar Bantu Penanganan Covid-19
Presiden Joko Widodo saat membuka Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Stadion Manahan Solo, Sabtu (19/11/2022). Foto: Istimewa.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID - , Surakarta - Presiden Joko Widodo menghadiri sekaligus membuka Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (19/11/2022).

Di hadapan puluhan ribu undangan dan peserta pembukaan Muktamar, Jokowi mengapresiasi kontribusi Muhammadiyah pada negara, termasuk membantu penanganan pandemi Covid-19 tiga tahun terakhir.

Baca juga: Menko PMK Dukung Duet Haedar-Mu'ti Kembali Pimpin Muhammadiyah

"Saya berterima kasih pada Muhammadiyah dan Aisyiyah yang sangat aktif membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19 dalam tiga tahun terakhir. Sehingga Indonesia berhasil menjadi salah satu negara di dunia yang mampu menangani Covid lebih cepat dari banyak negara-negara di dunia lainnya," kata Jokowi dalam sambutannya.

Diketahui, Muhammadiyah memiliki 120 RS PKU, 235 klinik kesehatan yang aktif menjalankan pengobatan dan vaksinasi selama pandemi.

Jokowi pun menyebut Indonesia menjadi negara paling banyak ketiga menyuntikkan vaksinasi Covid-19.

"Kita termasuk negara yang telah melakukan vaksinasi dengan jumlah vaksin terbanyak di dunia, karena ada lebih dari 440 juta dosis vaksin kepada masyarakat," kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi Minta Muhammadiyah dan 'Aisyiyah Sebarkan Islam Berkemajuan

Keberhasilan penanganan pandemi ini, lanjut Jokowi, menjadi pondasi penting dalam pemulihan ekonomi nasional. Namun, orang nomor satu di Indonesia ini menekankan bahwa pandemi belum selesai.

Sementara masalah baru datang yaitu perang Rusia-Ukraina yang merusak rantai pasok global, sehingga harga pangan dan listrik meningkat tajam.

Namun demikian, menurut Jokowi, di tengah tantangan dunia global yang sulit dan berat, pemilihan ekonomi bisa dikelola dengan baik. Hal ini terlihat dari inflasi yang mencapai 4,7 yang jauh lebih rendah dari banyak negara-negara di dunia.

Pertumbuhan ekonomi yang mencapai 5,7 persen dan perdagangan yang meningkat 57 persen.

"Kita tidak hanya pelapor mentah hilirisasi industri dalam negeri. Kita juga berusaha menaikkan kelas UMKM yang ada langkah digitalisasi," tegas Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmi Buka Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 03 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:49
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan