alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 07 Februari 2023
home lifestyle muslim detail berita

Cara Mudah Pasang Tenda Terpal, Cocok untuk Pengungsi Gempa

Muhajirin Senin, 21 November 2022 - 18:09 WIB
Cara Mudah Pasang Tenda Terpal, Cocok untuk Pengungsi Gempa
Ilustrasi (foto: Ali Express)
LANGIT7.ID, Jakarta - Gempa bumi terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin siang (21/11/2022). Puluhan korban jiwa dan ratusan orang dilaporkan luka-luka. Sementara, korban selamat tengah diungsikan ke tempat aman.

Lokasi pengungsian tentu tak memiliki bangunan permanen untuk berteduh. Biasanya, tenda terpal menjadi alternatif sementara bagi para korban untuk melindungi dari sengatan matahari dan cuaca malam serta melindungi barang-barang yang bisa diselamatkan.

Tenda itu bisa diibaratkan sebagai rumah. Membuat tenda terpal tidak sulit. Mengutip laman klopmart, berikut ini cara membuat tenda dari terpal dengan mudah :

1. Cari Tanah yang Rata


Langkah pertama tentu mencari lokasi pengungsian dengan tekstur permukaan tanah yang rata dan tidak bergelombang. Jika ada kerikil atau kotoran, bisa dibersihkan terlebih dahulu sebelum membangun tenda di tanah tersebut.

Baca Juga: Jangan Panik, Baca Doa Ini Saat Terjadi Gempa Bumi

Hindari permukaan tanah yang bergelombang atau malah miring demi kenyamanan saat beristirahat atau berteduh. Cari daerah yang cukup tinggi, jadi air hujan tidak akan mengalir turun dan membasahi tenda.

2. Taruh Kain Terpal dan Peralatan di Permukaan Tanah

Setelah menemukan lokasi yang tepat untuk membangun tenda, mulai membentangkan kain terpal di atas tanah. Terpal lebih diandalkan untuk membangun tenda karena lebih tebal. Jadi, lantai tenda pun tidak basah atau lembab saat sedang hujan.

Setelah itu, letakkan semua peralatan yang dibutuhkan untuk membangun tenda, seperti rainfly, tiang rangka tenda dan pasak. Siapkan juga tali tambang atau tali rafia untuk mengikat rainfly dengan tiang rangka, atau tenda dengan pasak agar tidak roboh.

3. Bangun Rangka Tenda


Bentuk rangka tiang berbeda-beda. Bisa disesuaikan dengan jenis tenda yang disediakan. Tenda modern biasanya memiliki rangka tenda dengan kabel elastis di dalamnya, sehingga pembuatan rangka pun lebih mudah.

Baca Juga: Gempa Cianjur, Ini Cara Menyelamatkan Diri Saat di Dalam Ruangan

Tiang rangka tenda juga sudah tersambung dengan pipa konektor logam di dalamnya, sehingga lebih mudah dibentuk. Kalau semua rangka tiang sudah dibangun, letakkan di atas permukaan tanah tersebut.

4. Pasangkan Rangka dengan Terpal


Tenda harus dibentangkan dulu di atas kain terpal, kemudian tiang rangka tenda yang sudah dibangun ditaruh dalam posisi menyilang. Apabila satu rangka tenda sudah sesuai dengan selubung kain terpal, masukkan saja ke selubung luar tenda. Ulangi langkah ini sampai semua tiang rangka sudah terpasang pada posisi selubungnya masing-masing.

5. Mulai Mendirikan Tenda

Untuk mendirikan tenda, pasangkan ujung semua tiang rangka dengan pin penyemat. Kalau sudah dipasang, tiang rangka tenda akan melengkung, membuat tenda mulai terangkat dan terbentuk. Biar makin kokoh, pasangkan pasak eyelet atau lubang kecil di ujung luar tenda.

Setelah itu, tanamkan pasak tersebut di tanah. Terakhir, pasang pada kain terpal tenda sehingga aman dari terik matahari atau hujan yang turun.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 07 Februari 2023
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
12:10
Ashar
15:27
Maghrib
18:20
Isya
19:32
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan