alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 07 Februari 2023
home global news detail berita

Pakar Geologi Unpad Duga Gempa di Cianjur Disebabkan Sesar Aktif Baru

ummu hani Kamis, 24 November 2022 - 12:30 WIB
Pakar Geologi Unpad Duga Gempa di Cianjur Disebabkan Sesar Aktif Baru
Gempa M 5,6 mengakibatkan bangunan rumah dan toko di Cianjur rusak. Foto: BMKG.
LANGIT7.ID, Jakarta - Pakar Geologi dari Universitas Padjajaran (Unpad) meragukan penyebab gempa di Sukabumi-Cianjur, Jawa Barat akibat pergeseran sesar Cimandiri. Gempa berkekuatan 5,6 magnitudo tersebut diduga karena sesar aktif baru yang belum diketahui banyak orang.

Dosen Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran, Ismawan mengatakan, salah satu yang mendukung hipotesis tersebut adalah lokasi episenter gempa yang berada jauh dari bentangan Sesar Cimandiri.

"Saya yakin ini bukan bagian dari sesar Cimandiri, meskipun arahnya sama. Kawasan Cugenang yang menjadi episenter gempa Cianjur berjarak sekira 10 kilometer di sebelah utara jalur patahan Cimandiri," ujar Ismawan dalam keterangannya, Kamis (24/11/2022).

Baca Juga: Gus Muhaimin: Duka Cianjur Duka Rakyat Indonesia

Menurutnya, jalur sesar Cimandiri bermula dari Palabuhanratu lalu membentang ke arah timur dan berbelok ke utara di sekitar kawasan episenter gempa. Dugaan ini diperkuat dengan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan lebar sesar Cimandiri berkisar 8-10 meter.

Selain itu, kontur dari sesar Cimandiri memiliki kemiringan ke arah selatan. Sehingga lokasi episenter gempa dengan kedalaman 10 kilometer dipastikan berada di luar jalur sesar tersebut.

"Jadi kemungkinan gempa ini diakibatkan oleh pergerakan sesar baru yang belum banyak diketahui orang. Dikatakan belum banyak diketahui orang karena bisa jadi jejak-jejak pelurusan sesar tersebut tertutupi oleh beberapa faktor," kata Ismawanz.

Dia menuturkan, jika melihat lokasi episenter yang berada dekat dengan Gunung Gede, kemungkinan jejak-jejak sesar baru tersebut tertutupi oleh endapan gunung api.

Baca Juga: Polri Kerahkan 54 Personel Pusdokkes Bantu Korban Gempa di Cianjur

"Ini dimungkinkan karena kalau sesar lama biasanya ada jejak-jejak pelurusan yang menunjukkan bahwa di situ ada sesar. Di sana karena batuan vulkanik, jejak pelurusannya itu kelihatan tidak ada," ungkap Ismawan.

Adapun juka dilihat dari focal mechanism gempa Cianjur, ada dua kemungkinan jalur sesar yang belum teridentifikasi, yaitu barat-timur atau utara-selatan. Namun, kemungkinan besar, jalur sesar tersebut mengarah barat-timur.

Ismawan juga menegaskan gempa bumi tersebut diakibatkan oleh aktivitas gunung api. Dikhawatirkan aktivitas sesar tersebut bisa memicu vulkanik

"Sesar-sesar yang di darat memang tidak akan menimbulkan tsunami, tetapi akibat primernya itu gedung-gedung banyak yang roboh. Kalau kedalamannya cukup dangkal, gempa kecil pun bisa merusak," tuturnya.

Baca Juga:

Ini Penyebab Gempa Cianjur Begitu Merusak dan Memakan Banyak Korban

Banyak Warga Belum Terima Bantuan, Ini Janji Bupati Cianjur


(gar)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 07 Februari 2023
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
12:10
Ashar
15:27
Maghrib
18:20
Isya
19:32
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan