alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 07 Februari 2023
home sports detail berita

Resmi Jadi WNI, Shayne Pattynama: Ayah Saya Pasti Bangga

Garry Talentedo Kesawa Rabu, 25 Januari 2023 - 16:31 WIB
Resmi Jadi WNI, Shayne Pattynama: Ayah Saya Pasti Bangga
Pemain naturalisasi Indonesia, Shayne Pattynama mencium bendera Merah Putih usai menjalani pengambilan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) di Kanwil KemenkumHAM. (Foto: Humas PSSI)
LANGIT7.ID, Jakarta - Shayne Pattynama baru saja meresmikan dirinya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Pemain berdarah Indonesia-Belanda itu mengungkapkan kebahagiannya usai menjadi WNI dan bersiap membela Timnas Indonesia.

Shayne diambil sumpahnya sebagai WNI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), DKI Jakarta, Selasa (24/1). Pemain kelahiran Lelystad, Belanda, pada 11 Agustus 1998 itu ditemani oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan dan utusan PSSI yang mengurus naturalisasi, Hamdan Hamedan.

Usai mengambil sumpah, Shayne mengaku bangga menjadi warga Indonesia. Bahkan, dia menyebut mendiang Ayahnya juga satu rasa dengannya.

Baca Juga: Shayne Pattynama Resmi Menjadi WNI, Siap Bela Timnas Indonesia

"Saya sangat bangga dan bahagia menjadi orang Indonesia. Ayah saya yang ada di atas sana sekarang akan melihat ke bawah dan bangga kepada saya," kata Shayne dikutip dari keterangan resmi federasi, Rabu (25/1/2023).

Pemain berusia 24 tahun itu memiliki ambisi bersama Timnas Indonesia. Shayne bertekad membawa skuad Garuda lolos ke Piala Dunia dan menjadi salah satu tim terbaik di Asia.

"Saya ingin bermain untuk Timnas Indonesia, karena itu akan jadi penghormatan terbesar buat saya. Saya adalah seorang pemimpi, jadi impian saya bersama Timnas Indonesia adalah bermain di Piala Dunia bersama Indonesia, 100 persen," ujarnya.

"Saya ingin membawa Indonesia jadi salah satu tim terbaik di Asia. Jadi saya punya impian besar dan saya yakin kita bisa melakukan hal itu," tambah Shayne yang ingin bermain sebagai bek kiri itu.

Baca Juga: Mark Klok Termotivasi Berikan Permainan Terbaik untuk Putrinya

Sebagai informasi, Shayne merupakan salah satu pemain naturalisasi hasil rekomendasi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Sebelum Shayne, Jordi Amat dan Sandy Walsh telah merampungkan naturalisasinya untuk bergabung bersama skuad Garuda.

Shayne mulai menjalani proses naturalisasi sejak akhir Mei 2022. Pada November 2022, permohonan naturalisasinya disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Kemudian pada awal Januari 2023, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengabarkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) perpindahan kewarganegaraan Shayne Pattynama.

Setelah ini, PSSI akan mengurus perpindahan asosiasi Shayne Pattynama di FIFA dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI). Jika tahapan itu berjalan lancar, maka pemain berusia 24 tahun itu bisa memperkuat Timnas Indonesia pada FIFA Matchday periode 20-28 Maret 2023.

Baca Juga:

Presiden Jokowi Restui Naturalisasi Shayne Pattynama

Perpindahan Federasi Direstui FIFA, Jordi Amat Siap Bela Timnas Indonesia


(gar)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 07 Februari 2023
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
12:10
Ashar
15:27
Maghrib
18:20
Isya
19:32
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan