Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 29 Maret 2024
home masjid detail berita

DMI: Masjid Harus Jadi Titik Penyebaran Pesan Penyejuk Umat

Andi Muhammad Selasa, 31 Januari 2023 - 10:35 WIB
DMI: Masjid Harus Jadi Titik Penyebaran Pesan Penyejuk Umat
DMI: Masjid Harus Jadi Titik Penyebaran Pesan Penyejuk Umat. Foto: Istimewa.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Ketua Pengurus Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Palu, Sirajuddin Ramli menuturkan, selain menjadi tempat ibadah umat muslim, masjid juga harus menjadi titik di mana penyebaran pesan-pesan yang menyejukkan umat, untuk menguatkan persaudaraan umat.

"Kita harus jadikan masjid untuk menebarkan kedamaian dan kebahagiaan," kata Sirajuddin di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (31/1/2023).

Dia menambahkan bahwa hal tersebut menjadi salah satu fokus DMI dalam rangka memperkuat persatuan umat. Karenanya, pesan-pesan perdamaian dalam masjid mesti diperkuat salah satu caranya yakni dengan dakwah.

Dia turut mengingatkan dalam beberapa waktu ke depan, umat Islam akan memasuki bulan Ramadhan. Oleh karena itu, DMI mengupayakan momentum Ramadhan untuk menyebarluaskan Islam rahmatan lilalamin berbasis masjid.

"Tinggal satu bulan lebih kita memasuki Ramadhan, mari kita semarakkan masjid dengan kegiatan ibadah seperti tadarus, salat tarawih dan kegiatan manfaat lainnya," ujarnya.

Sirajuddin mengungkapkan, sejumlah kegiatan perlu digalakan saat bulan Ramadhan yakni dengan menggelar kegiatan edukasi, mengenai akhlak, fikih, alquran, keislaman dan keagamaan, harus dioptimalkan di setiap masjid di bulan Ramadhan.

"Sehingga benar-benar terlihat ada aktivitas kegiatan positif dalam bulan Ramadhan yang dilakukan DMI, yang tidak lain untuk mewujudkan visi memakmurkan dan dimakmurkan masjid," ungkap dia.

Oleh karena itu, lanjut dia, pelantikan pengurus DMI tingkat kecamatan yang merupakan bentuk konsolidasi penguatan struktur organisasi, menjadi satu upaya demi melancarkan implementasi program kegiatan tersebut.

"Olehnya setelah pelantikan ini, kami menindaklanjuti dengan mengagendakan rapat kerja daerah guna membahas program-program strategis DMI, yang selaras dengan program DMI Pusat dan DMI Provinsi Sulteng," papar dia.

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 29 Maret 2024
Imsak
04:31
Shubuh
04:41
Dhuhur
12:01
Ashar
15:14
Maghrib
18:02
Isya
19:11
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan