Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 13 Juli 2024
home home & garden detail berita

Tanaman Hias yang Cocok untuk Taman Kecil di Daun Jendela

Suandri Ansah Jum'at, 10 Maret 2023 - 13:20 WIB
Tanaman Hias yang Cocok untuk Taman Kecil di Daun Jendela
Ilustrasi taman di jendela (Foto: Istimewa)
LANGIT7.ID, Jakarta - Tanaman hias dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mempercantik taman kecil di daun jendela. Meskipun lahan yang terbatas, dengan memilih jenis tanaman yang tepat, taman kecil di daun jendela bisa menjadi tempat yang indah dan menenangkan.

Selain itu, tanaman hias juga dapat memberikan banyak manfaat, seperti menyediakan udara segar, mengurangi polusi suara, dan membantu mengurangi stres. Oleh karena itu, memilih tanaman hias yang cocok untuk taman kecil di daun jendela dapat menjadi pilihan yang baik untuk menambahkan nuansa hijau di lingkungan sekitar.

Adapun beberapa jenis tanaman hias yang cocok untuk taman kecil di daun jendela antara lain, tanaman kaktus, anggrek mini, tanaman sukulen, dan tanaman hias daun seperti pohon dolar.

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Obat Ini Bisa Ditanam di Rumah

Selain mudah dirawat, keempat jenis tanaman tersebut dapat diletakkan di dalam pot kecil sehingga cocok untuk taman kecil di daun jendela. Dengan memilih jenis tanaman yang tepat, Anda bisa membuat taman kecil di daun jendela menjadi lebih hidup dan menyenangkan untuk dilihat setiap hari.

1. Pilea Perperomiodes

Tanaman ini sering juga disebut dengan nama tanaman uang Cina, tanaman UFO, tanaman pancake atau tanaman misionaris. Pilea perperomiodes adalah tanaman rumah yang tumbuh rendah dengan daun yang menarik dan berdaging, sangat sempurna untuk menghias daun jendela.

Pilihlah tempat yang terang dan jauh dari sinar matahari langsung untuk hasil terbaik. Tanaman ini juga dapat mentoleransi tingkat cahaya yang lebih rendah, meskipun daunnya bisa menjadi lebih gelap.

Baca Juga: 5 Kesalahan Pemula saat Bercocok Tanam, Tanaman Malah Mati

2. Alokasia Polly

'Polly' adalah kultivar aroid yang ringkas dengan daun berurat mengkilap dengan pinggiran yang menarik. Tumbuh subur dalam kondisi yang cerah dan hangat, dengan tingkat kelembapan yang tinggi. Sebuah ambang jendela besar di kamar mandi yang terang dan beruap sangat ideal untuk tanaman ini.

3. Sukulen

Tumbuh rendah dan ramah terhadap berbagai tingkat cahaya, jenis tanaman sukulen, seperti gaharu, agave, echeveria, dan crassula, sangat cocok untuk ditanam di ambang jendela. Sebagian besar tanaman sukulen mampu tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh dan hanya membutuhkan sedikit penyiraman. Namun, Haworthia truncata berbeda dari sukulen lainnya, karena lebih menyukai tempat teduh yang berbintik-bintik.

4. Kaktus

Kaktus tumbuh lambat dan sempurna untuk tumbuh di daun jendela yang cerah. Tanam kaktus Anda dalam wadah terakota berpori di dalam kompos berpasir,untuk memberikan drainase yang memadai dan mengurangi kemungkinan kaktus membusuk.

Baca Juga: Tips Memilih Pot untuk Tanaman Hias, Sesuaikan dengan Kebutuhan

5. Streptocarpus

Streptocarpus adalah tanaman asli hutan Afrika Selatan yang tumbuh subur di tingkat cahaya rendah, termasuk tempat teduh dengan selang-seling cahaya. Untuk hasil terbaik, berikan mereka cahaya yang terang tetapi tidak terlalu banyak sinar matahari, misalnya ambang jendela yang menghadap ke utara atau barat sangat ideal.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 13 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:02
Ashar
15:23
Maghrib
17:55
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan