Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 20 Juni 2024
home global news detail berita

Ketua Umum PP Muhammadiyah Kecam Penembakan di Kantor MUI

tim langit 7 Selasa, 02 Mei 2023 - 22:09 WIB
Ketua Umum PP Muhammadiyah Kecam Penembakan di Kantor MUI
Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir mengecam keras penembakan di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (2/5/2023).

"Kami secara tegas mengecam setiap bentuk kekerasan apapun, atas nama apapun. Kami selalu mengedepankan hukum, dan tindakan yang berbasis pada hukum," kata Haedar usai membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan PP Muhamamdiyah di Surabaya, Selasa (2/5/23).

Pihaknya mendesak polisi mengungkap kasus tersebut karena pelakunya sudah meninggal dunia. "Penting bagi kita semua warga Indonesia untuk berada dalam koridor hukum. Masalah bangsa memang banyak tapi hukum harus tegak. Para penegak hukum harus bisa adil sebagaimana mestinya,” tambahnya.

Baca juga:Kantor MUI Diserang Pria Bersenjata, Wasekjen: Usut Tuntas Motifnya!

Diketahui, Mustofa (60), warga Lampung, melakukan penembakan di Kantor MUI Pusat. Namun, dalam kejadian itu, pelaku dilaporkan meninggal dunia, sementara dua orang korban luka. Polisi menyebut pelaku meninggal dunia saat diperiksa dokter di Puskesmas Menteng, Jakarta Pusat. Kendati begitu, polisi belum dapat memastikan penyebab tewasnya.

Sekretaris Jenderal MUI Buya Amirsyah Tambunan menduga, penyebab penembakan tersebut karena pelaku emosi tidak bisa bertemu Ketua MUI. Pelaku, kata dia, awalnya datang layaknya tamu. Saat itu sekuriti sempat bertanya maksud dan kedatangan pelaku.

"Dia mau ketemu ketua MUI ditanyai oleh sekuriti, kemudian dia emosi dan tembak pintu kaca, kemudian ada yang terkena peluru karetnya sekuriti kita," kata Amirsyah.

Sementara itu, kepolisian menyebut, motif penembakan karena pelaku membutuhkan pengakuan atau legitimasi sebagai wakil nabi. “Memang dari alat bukti dan tulisan-tulisan yang pertama motif sementara bahwa yang bersangkutan ingin mendapat pengakuan sebagai wakil nabi,” ujar Direskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi di Polsek Menteng, Jakarta Pusat.

Penarikan kesimpulan motif sementara penembakan lantaran adanya surat-surat yang ditinggalkan pelaku. “Salah satunya tertulis yang bersangkutan berdasarkan hadits di akhir zaman ada 73 golongan dalam Islam dan hanya satu golongan yang diakui. Dan itu saya sebagai wakil Tuhan,” ujar Hengki menirukan bunyi surat tersebut.

Menurut dia, niat jahat pelaku penembakan sudah ada sejak tahun 2018. Sebab, jika pelaku tak diakui sebagai wakil nabi, maka pelaku akan melakukan tindak kekerasan. "Dari surat itu yang bersangkutan apabila tidak diakui, maka akan melakukan tindakan kekerasan terhadap pejabat-pejabat negeri dan juga MUI dengan mencari senjata api,” katanya.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 20 Juni 2024
Imsak
04:30
Shubuh
04:40
Dhuhur
11:58
Ashar
15:19
Maghrib
17:51
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan