Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 13 Juli 2024
home masjid detail berita

Tiap Pekan Masjid Agung Granada Bimbing Muallaf Bersyahadat

Muhajirin Rabu, 31 Mei 2023 - 06:00 WIB
Tiap Pekan Masjid Agung Granada Bimbing Muallaf Bersyahadat
Masjid Agung Granada (Grand Mosque of Granada) merupakan salah satu masjid terbesar di wilayah Andalusia, Spanyol selatan
Masjid Agung Granada (Grand Mosque of Granada) merupakan salah satu masjid terbesar di wilayah Andalusia, Spanyol selatan. Masjid ini unik karena hampir tiap Jumat ada nonmuslim yang muallaf atau masuk Islam.

Mengutip Euro News, fenomena orang-orang Spanyol tertarik menjadi mualaf telah terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Mereka menjadikan Masjid Agung Granada sebagai tujuan untuk mengucapkan dua kalimat syahadat.

Sebuah video yang dilansir Euro News menunjukkan seorang pemuda Spanyol, Jose Miguel, mengucapkan kalimat Syahadat di Masjid Agung Granada setelah salat Jumat.

“Hampir setiap Jumat orang Spanyol masuk Islam di masjid kami. Ada peningkatan serius dalam jumlah orang Spanyol yang masuk Islam, terutama setelah pandemi. Ini adalah situasi yang membuat kami senang dan bangga,” kata Presiden Asosiasi Masyarakat Islam Spanyol dan Yayasan Masjid Agung Granada Umar del Pozo.

Baca juga:Khataman Quran Puluhan Ribu Siswa Madrasah Catat Rekor Dunia

Sementara, di laman Turkiye Newspaper, Umar menyebut sekitar 36 ribu muslim tinggal di kota dan distrik Granada. Sekitar 3.700 dari mereka merupakan orang Spanyol, yang telah masuk Islam hingga anak generasi ketiga mereka.

Di Spanyol, adzan hanya terdengar lantang dari sebuah menara di Masjid Agung Granada. Masjid di lingkungan Muslim abad pertengahan Albacin, objek wisata utama Granada, dibangun pada 2003.

Sekretaris Komisi Islam Spanyol, Mohamed Ajana, mengatakan pada bulan Maret populasi Muslim di negara tersebut telah meningkat 10 kali lipat dalam 30 tahun terakhir, melebihi 2,5 juta. Menurut angka tidak resmi, jumlah ini telah mencapai 3 juta.

Sebagian besar Muslim asal Maroko, Pakistan, Bangladesh, Senegal dan Aljazair tinggal di Spanyol. Populasi Muslim sebagian besar tinggal di daerah industri maju seperti Catalonia, Valencia, Andalusia dan Madrid.

Umar del Pozo menegaskan, pandangan bahwa Islam merupakan agama imigran mesti ditepis. Sebab setiap pekan ada saja yang memutuskan untuk memeluk Islam. Hampir 3.000 Muslim Spanyol tinggal di Granada. Dia juga merupakan anak dari keluarga mualaf.

Baca juga:Islam Berkembang, Masjid di Jepang Meningkat 7 Kali Lipat

Muhammed Jauiriddin, warga Spanyol yang beralih ke Islam mengatakan, "Allah mengetuk hatinya 40 tahun lalu". Dia menuturkan, saat ini banyak misinformasi mengenai Islam. Pandangan anti-Islam menyebar di koran, televisi, dan media lainnya.

Warga lainnya, Rosario, yang lahir dan besar di Granada memeluk Islam 39 tahun lalu. Ia mengubah namanya menjadi Saliha. "Sulit untuk mengatasai prasangka tentang Islam. Dalam hal ini, pendekatan pers penting," katanya seperti dikutip Anadaolu Agency.

Saliha menuturkan, dia menemukan Islam setelah melakukan pencarian. Mempercayai satu Tuhan, Allah, membawanya kian dekat dengan Islam. "Teman-teman saya terkejut dengan tindakan saya dan ada yang tak memahami saya soal ini".



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 13 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:02
Ashar
15:23
Maghrib
17:55
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan