Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 26 Mei 2024
home masjid detail berita

Islam Berkembang, Masjid di Jepang Meningkat 7 Kali Lipat

Muhajirin Selasa, 30 Mei 2023 - 10:00 WIB
Islam Berkembang, Masjid di Jepang Meningkat 7 Kali Lipat
Penampakan bagian luar Masjid Istiqlal di Jepang,
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Pembangunan masjid di Jepang meningkat sampai tujuh kali lipat. Keberadaan masjid yang semakin banyak disebabkan peningkatan tajam dalam pernikahan antara muslim dengan warga negara Jepang dan mualaf Jepang selama dua dekade.

Mengutip The Asahi Shimbun, profesor emeritus sosiologi di Universitas Waseda di Tokyo, Hurofumi Tanada berpendapat, Jepang kini menjadi rumah bagi lebih dari 200 ribu muslim.

Tanda dan rekan-rekannya melakukan studi menunjukkan ada 113 masjid di seluruhh Jepang pada Maret 2021. Angka itu naik dari hanya 15 masjid pada 1999. Angka tersebut didasarkan pada statistik pemerintah, persentasi muslim dalam populasi menurut negara dan angka keanggotaan Asosiasi Studi Islam di Jepang.

Baca juga:Cholil Nafis Tegaskan Masjid Tak Boleh Jadi Arena Politik Praktis

Studi Tanada menunjukkan, sekitar 230 ribu muslim Jepang pulang pada akhir 2020. Dari jumlah itu, warga negara Jepang dan mereka yang telah memperoleh status penduduk tetap melalui perkawinan dan keadaan lain berjumlah sekitar 47 ribu. Lebih dari dua kali lipat atau menurut perkiraan 10 ribu hingga 20 ribu padda satu dekade sebelumnya.

"Banyak dari mereka menjadi muslim melalui pernikahan. Semakin banyak juga yang mungkin bergabung dengan keyakinan atas kemauan mereka sendiri," ujar Tanada.

Masjid pernah menjadi pemandangan langka di Jepang, tapi sekarang tidak lagi. Masjid terbaru adalah Masjid Istiqlal Osaka, yang dibuka di Bangsal Nishinari Osaka tahun lalu.

Masjid tersebut bertempat di bekas bangunan pabrik. Biaya untuk pekerjaan renovasi sebagian besar ditanggung oleh sumbangan dari orang Indonesia. Itu karena Indonesia menjadi populasi muslim terbesar di dunia. Banyak orang Jepang menggunakan masjid untuk beribadah.

Baca juga:Dapat Hadiah Voucher Haji dan Umrah, Bolehkah Digunakan?

"Kami berharap dapat menjadikan masjid ini sebagai tempat yang bebas dikunjungi oleh semua muslim," kata Herizal Adhardi, 46 tahun dari Indonesia yang mengepalai komunitas yang mengoperasikan Masjid Istiqlal Osaka.

"Kami orang Jepang sebelumnya tidak mengenal muslim. Sekarang mereka adalah tetangga kita, kita perlu memikirkan bagaimana hidup bersama mereka dalam masyarakat yang beragama ini," ujar Hirofumi Okai, seorang profesor sosiologi di Universitas Sangyo Kyoto yang mempelajari budaya Islam.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 26 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan