Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 05 Mei 2024
home masjid detail berita

Masjid Unik di Qatar, Dinding Dilapisi Kaligrafi Raksasa

Muhajirin Selasa, 25 Juli 2023 - 14:00 WIB
Masjid Unik di Qatar, Dinding Dilapisi Kaligrafi Raksasa
Minaretein Center juga dikenal sebagai Masjid Kota Pendidikan yang terletak di Qatar. Masjid dirancang oleh arsitek dan kaligrafer Irak, Taha al-Hiti
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Minaretein Center juga dikenal sebagai Masjid Kota Pendidikan yang terletak di Qatar. Masjid dirancang oleh arsitek dan kaligrafer Irak, Taha al-Hiti. Menara-menaranya menampilkan kaligrafi vertikal yang menjulang ke atas, yang membawa pandangan ke langit dalam perenungan iman dan makna.

Masjid ini ditopang oleh lima pilar. Masing-masing pilar mewakili salah satu rukun Islam yakni syahadat, shalat, zak?t, puasa, dan Haji. Masjid ini memiliki kapasitas untuk menampung 1.800 jamaah di aula ssalat utama dan 1.000 jamaah lainnya di halaman luar.

Di halaman, Minaretein Center memiliki empat aliran sungai yang mengalirkan air ke sebuah taman di tengah-tengah bangunan. Masing-masing mewakili empat sungai surga yang dijanjikan dalam Al Qur'an yakni air, madu, susu, dan anggur.

Baca juga:Hikmah Perbedaan Pendapat dalam Islam, Wujud Kekayaan Intelektual Muslim

Mengutip the great mosque, Minaretein Center menjadi mahakarya arsitektur yang menakjubkan. Bangunan ini bukan hanya sebuah simbol desain yang menakjubkan, namun juga memiliki simbolisme yang mendalam dan makna spiritual.

Kaligrafi vertikal pada menara menginspirasi kontemplasi dan refleksi, sementara lima pilar yang mewakili prinsip-prinsip inti Islam mengingatkan seorang muslim akan rukun iman. Kapasitasnya yang mampu menampung jamaah sangat luar biasa, menumbuhkan rasa kebersamaan.

Penggabungan Qur'anic Botanic Garden semakin meningkatkan hubungan antara alam dan Al-Qur'an. Benar-benar tempat ibadah dan pembelajaran yang menginspirasi. Apalagi, kompleks ini juga memiliki Kebun Raya Al-Qur'an, yang berisi tanaman yang telah disebutkan dalam Al-Qur'an, bersama dengan flora asli Qatar.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 05 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:13
Maghrib
17:49
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan