Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 26 Mei 2024
home wirausaha syariah detail berita

Semester Pertama 2023, Lalu Lintas Harian di Jalan Tol Jasa Marga Group 3,4 Juta Kendaraan

tim langit 7 Rabu, 26 Juli 2023 - 05:00 WIB
Semester Pertama 2023, Lalu Lintas Harian di Jalan Tol Jasa Marga Group 3,4 Juta Kendaraan
PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatatkan kinerja positif di sepanjang 2023. Jumlah volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) semester I 2023 meningkat untuk seluruh jalan tol Jasa Marga Group
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatatkan kinerja positif di sepanjang 2023. Salah satu indikatornya bisa dilihat dari jumlah volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) pada semester I 2023 yang meningkat untuk seluruh jalan tol Jasa Marga Group.

Hingga Juni 2023, realisasi LHR di jalan tol Jasa Marga Group mencapai 3,47 juta kendaraan setiap harinya, angka ini naik sebesar 1,43% dibandingkan LHR normal sebelum pandemi COVID-19 di bulan Februari tahun 2020 lalu.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, menjelaskan LHR saat ini yang telah meningkat dari LHR normal sebelum pandemi selaras dengan membaiknya perekonomian pasca pandemi COVID-19 yang juga berdampak langsung pada mobilitas masyarakat.

"Jika dibandingkan dengan LHR normal sebelum pandemi sebesar 3,42 juta kendaraan, peningkatan mobilitas pada tahun 2023 ini menunjukkan pulihnya perekonomian pasca pandemi dengan kembali normalnya kegiatan/aktivitas masyarakat. Satu faktor peningkatan LHR di Semester 1 2023 adalah peningkatan mobilitas setelah dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan didukungnya aktivitas mudik oleh Pemerintah," jelas Lisye.

Baca juga:Sosok Sertu Eko Wahyudi, Babinsa Kodam V Brawijaya Rela Mengabdikan Diri di Kandang Kambing

Lisye menambahkan, tiga ruas Jalan Tol Jasa Marga Group dengan LHR tertinggi pada periode Semester 1 Tahun 2023 (Januari-Juni) antara lain Jalan Tol Dalam Kota dengan total LHR 535 ribu kendaraan, Jalan Tol Jakarta-Cikampek dengan total LHR 450 ribu kendaraan, dan Jalan Tol Jagorawi dengan total LHR 408 ribu kendaraan.

“Peningkatan volume ini juga selaras dengan peningkatan kualitas pelayanan operasional yang diberikan oleh Jasa Marga Group kepada pengguna jalan, salah satunya pengembangan teknologi Intelligent Transport System (ITS) yang berfungsi mengelola pelayanan jalan tol yang terintegrasi, sekaligus menjadi sumber pusat informasi lalu lintas (lalin),” ujar Lisye.

Penerapan teknologi ITS bisa dilihat dari layanan yang diberikan Jasa Marga dengan menggunakan super-app Jasamarga Integrated Digitalmap (JID), yang digunakan di Jasamarga Tollroad Command Center (JMTC) untuk mengelola pelayanan jalan tol yang terintegrasi, sekaligus menjadi sumber pusat informasi lalu lintas (lalin).

“Teknologi ITS dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan keamanan, kelancaran dan kenyamanan pengguna jalan tol. Sistem ini terutama digunakan untuk perhitungan volume lalu lintas kendaraan, deteksi pelanggaran kecepatan, deteksi pelanggaran kendaraan overload, dan deteksi kendaraan roda dua, efisiensi dan optimalisasi beban, hingga efektifitas proses bisnis untuk meningkatkan kepuasan pengguna jalan tol dan implementasi Big Data milik Jasa Marga Group,” tutupnya.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 26 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan