Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 14 Juli 2024
home global news detail berita

Generasi Muda dari 17 Daerah Meriahkan HUT Kemerdekaan dengan Membangun Desa

tim langit 7 Jum'at, 18 Agustus 2023 - 06:00 WIB
Generasi Muda dari 17 Daerah Meriahkan HUT Kemerdekaan dengan Membangun Desa
Generasi muda yang berasal dari 17 kabupaten atau kota di Jawa Timur mengikuti upacara HUT kemerdekaan RI
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Peringatah HUT ke-78 kemerdekaan RI diisi dengan beragam kegiatan masyarakat. di Jawa Timur, generasi muda dari 17 kabupaten dan kota menggelar kegiatan serentak selama Agustus 2023.

Masyarakat yang mayoritas digerakkan oleh pemuda dan karang taruna (kartar) mengisi HUT kemerdekaan ini dengan membangun desa, pengecatan gapura, dan pemasangan lampu penerangan di desa tersebut.

Kegiatan ini adalah bagian dari upaya untuk terus membangun desa melalui berbagai kegiatan yang melibatkan peran aktif warga desa. Pihaknya konsisten menggerakkan warga untuk memberikan nilai tambah untuk desanya masing-masing.

"Selain akan ada perbaikan fasum (fasilitas umum) dan Fasos (fasilitas sosial) seperti pengecatan gapura, kemudian pemasangan lampu, juga digelar acara-acara tasyakuran (pesta rakyat) seperti penampilan kesenian, hiburan, bazar UMKM desa, pengajian, juga diisi dengan kemeriahan Kemerdekaan, lomba-lomba, kemudian gerak jalan, upacara bendera, dan kegiatan yang sifatnya meningkatkan kerukunan dan kebersamaan warga desa," ungkap Koordinator Heppiii Community, Ronald Theo Lesmana, Kamis (17/8/2023).

Ronald mengungkapkan, kegiatan ini diikuti warga desa di 17 kabupaten dan kota di Jawa Timur. Terdiri Banyuwangi ada 17 desa, Bojonegoro 7 desa, Jember 18 desa, Jombang 10 desa, kemudian Madiun 17.

Lalu Pamekasan ada 7 desa, Probolinggo 17 desa, Sidoarjo 5 desa, Kediri 3 desa, Lumajang 9 desa, Mojokerto 4, Pasuruan 10, Ponorogo 14, Situbondo 16, Tuban 3 desa. Lalu wilayah Kalimantan ada Pangkalan Bun 4 desa, lalu wilayah Banjarmasin 19 desa.

Jika ditotal sudah ada ribuan titik lampu yang dipasang di ratusan desa sampai dengan kegiatan Merdeka Heppiii bulan Agustus 2023 ini. Rata-rata satu desa atau satu dusun ada yang memasang 10 sampai 15 lampu, ada juga yang di angka 20 sampai 34 lampu. Jumlah tersebut dikali lebih dari 100 desa.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga desa yang tergabung dalam kartar. "Kami juga mengapresiasi para perangkat desa yang terus mensupport kegiatan tersebut," tambahnya.

Sementara itu di sejumlah daerah di Jatim seperti Ponorogo, Jombang, Probolinggo, Kediri sudah mulai menyiapkan kegiatan tersebut. Warga desa di daerah ini juga sudah mulai melakukan pendataan titik pemasangan lampu, termasuk melakukan pengecatan gapura.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 14 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:02
Ashar
15:23
Maghrib
17:56
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan