Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 14 Juni 2024
home masjid detail berita

Masjid Unik di Dubai, Terinspirasi dari Mutiara dan Kerang

Muhajirin Selasa, 22 Agustus 2023 - 13:31 WIB
Masjid Unik di Dubai, Terinspirasi dari Mutiara dan Kerang
Dubai Pearl merupakan konsep masjid yang dirancang modern dan unik oleh LYX Arkitekter yang terinspirasi dari mutiara dan kerang
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Dubai Pearl merupakan konsep masjid yang dirancang modern dan unik oleh LYX Arkitekter yang terinspirasi dari mutiara dan kerang yang menjadi sumber utama kehidupan sepanjang sejarah daerah ini. Bangunan itu diusulkan pada 2018 di Dubai, Uni Emirat Arab.

Mengutip The Great Mosques, masjid ikonik Dubai desain "Dubai Pearl" pada dasarnya terinspirasi dari mutiara dan kerang yang merupakan sumber utama kehidupan di masa tua Dubai. Kedelapan gerbang pada masjid itu diilhami dari kepercayaan bahwa ada delapan gerbang menuju surga dalam Islam serta delapan malaikat yang memegang singgasana.

Menara itu muncul dari bumi untuk menghilang di langit menjadi bentuk layar. Tujuan dari konsep ini untuk memadukan tradisi lokal UEA, warisan Islam , dan mencerminkan visi modern Dubai.

Dari tradisi Lokal, desainnya terinspirasi dari mutiara dan kerang. Seperti yang Anda ketahui, penyelaman mutiara pernah menjadi profesi paling terkenal di Uni Emirat Arab dan merupakan bagian dari budaya UEA yang berusia sekitar 7.000 tahun.

Baca juga:Kemenag bersama FOZ akan Susun Peta Jalan Zakat Indonesia Emas 2045

Hal itu menyebabkan arsitek membentuk selubung utama masjid sebagai cangkang yang membawa mutiara besar yang membentuk kubah masjid. Itu juga bertindak sebagai skylight di siang hari untuk menerangi ruang shalat utama. Kemudian, itu akan diubah menjadi lentera yang memberi suasana yang menarik ke Dubai Creek di malam hari.

Dari segi warisan Islam, delapan gerbang terinspirasi dari kepercayaan, ada delapan gerbang ke surga dalam Islam serta delapan malaikat yang memegang singgasana. Delapan lengkungan gerbang ini akan membentuk cangkang dan akan bergabung menjadi satu untuk disatukan di mihrab tempat imam berdiri untuk memimpin shalat.

Kemudian, visi modern Dubai, untuk memadukan tradisi lokal dan simbolisme Islam menjadi bentuk ikon modern adalah sebuah tantangan. Abstraksi ide menjadi solusi yang diikuti para arsitek dalam desain ini.

Bentuknya disederhanakan menjadi tiga elemen, cangkang yang membentuk delapan gerbang, mutiara yang berfungsi sebagai kubah dan cahaya langit, akhirnya menara yang muncul dari bumi menghilang ke langit.

Hal itu menciptakan bentuk layar yang menyampaikan pesan damai pemuja dan mengubahnya menjadi ikon spiritual yang ditambahkan ke ketenangan Dubai Creek .

Proyek ini memiliki luas bangunan 10.000 m² yang terdiri dari masjid utama. Masjid ini dapat menampung 7500 jamaah, blok akomodasi, dan ruang bawah tanah yang meliputi pusat budaya, wudhu, dan parkir. Ada pula museum seluas 3.405 m² dan 460 tempat parkir.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 14 Juni 2024
Imsak
04:29
Shubuh
04:39
Dhuhur
11:57
Ashar
15:17
Maghrib
17:49
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan