Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 25 April 2024
home sosok muslim detail berita

KH Muammar ZA, Qori Internasional yang Suara Merdunya Pukau Peserta Munas Konbes NU

tim langit 7 Selasa, 19 September 2023 - 05:00 WIB
KH Muammar ZA, Qori Internasional yang Suara Merdunya Pukau Peserta Munas Konbes NU
Qori Internasional KH Muammar ZA saat melantunkan ayat suci Al Quran pada pembukaan Munas Konbes NU 2023 di Pondok Pesantren Al Hamid Cilangkap
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Nama KH Muammar ZA kembali memecah rindu saat melantunkan ayat suci Al Quran pada pembukaan Munas Konbes NU 2023 di Pondok Pesantren Al Hamid Cilangkap, Jakarta, Senin (18/9/2023).

Qori Internasional yang dikenal sejak 1980 an ini membuat peserta yang hadir tampak seksama mendengarkan lantunan ayat demi ayat Al Qur’an yang dibawakan KH. Muammar ZA.

Kehadirannya berhasil melepas kerinduan banyak orang akan suara merdunya. Muammad ZA dikenal sebagai “jawaranya” qari nasional dan internasional.

Baca juga:Jokowi Harap Kontribusi Diaspora NU untuk Masyarakat Akar Rumput

Lelaki kelahiran dusun Pamulihan, Warungpring, Kecamatan Moga, Pemalang, Jawa Tengah, ini pelopor seni mengaji dengan berduet dan membaca saritilawah.

Di era 80-an dan 90-an itu suara merdunya lazim menghias banyak masjid-masjid di Indonesia sebelum Magrib, menjelang Subuh, atau menjelang shalat Jum’at, lewat kaset yang diputar via taperecorder.

Kaset-kaset yang meledak juga diputar dalam acara-acara keagamaan seperti Maulid Nabi. Lelaki kelahiran 14 Juni 1954 itu kebanjiran undangan untuk mengaji di acara-acara pengajian di kota-kota hingga ke kampung-kampung pelosok di Tanah Air.

Itu dilakukannya bertahun-tahun, hingga kini. Di luar negeri, Pengasuh Pesantren Ummul Qura, Cipondoh itu pernah diundang Raja Hasanah Bolkiah, istana Yang Dipertuan Agong Malaysia, sampai istana raja-raja di Jazirah Arab untuk mengaji.

Sejak kecil bersama teman-temannya, Muammar belajar seni baca Al-Quran dari teman lain yang lebih besar di kampungnya. Ia juga belajar langsung kepada kakak laki-lakinya Masykuri Z.A yang kala itu masih mondok. Jadi, aktivitas itu dilakukan saat Masykuri ZA libur.

Usai SD, Muammar mondok di Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah. Kaliwungu dikenal sebagai kota santri. Di sana puluhan pesantren berdiri. Setelah mondok, Muammar belajar di PGA di Yogyakarta.

Sempat pula ia belajar di IAIN Sunan Kalijaga. Selama kuliah ia masih menggeluti dunia qari. Mengikuti MTQ tingkat Provinsi DIY tahun 1967, ia berhasil menyabet juara pertama tingkat remaja.

Setelah itu langganan tetap menjadi kontingen DIY di MTQ Nasional. Muammar ZA adalah ikon seni mengaji di Indonesia. Dua adiknya, Imron Rosyadi Z.A. dan Istianah mengikuti jejaknya. Imron Rosyadi, juga qari nasional. Begitupun Istianah yang kini menjadi salah satu anggota DPRD Tingkat I Yogyakarta.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 25 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:51
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan