Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 13 Juli 2024
home global news detail berita

Jokowi Harap Kontribusi Diaspora NU untuk Masyarakat Akar Rumput

tim langit 7 Senin, 18 September 2023 - 17:15 WIB
Jokowi Harap Kontribusi Diaspora NU untuk Masyarakat Akar Rumput
Presiden Joko Widodo.
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap diaspora warga NU di luar negeri dapat memberi kontribusi untuk masyarakat akar rumput.

Harapan itu disampaikan dalam sambutan pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) dan Konferensi Besar (Konbes) NU di Pondok Pesantren Al-Hamid, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (18/9/2023)

Jokowi yakin, mereka memiliki potensi besar untuk menjadi jembatan yang menghubungkan masyarakat akar rumput di Indonesia untuk menyongsong masa depan. "Mereka ini harus dihubungkan dengan umat di akar rumput mereka harus menjadi bagian solusi bagi Nahdliyin di akar rumput dan mensejahterakan umat," paparnya.

Menurutnya, Nahdlatul Ulama tidak kekurangan kekurangan generasi muda potensial yang berkiprah di luar negeri. Sebaliknya, NU memiliki sumber daya manusia yang berbakat dan penuh potensi yang siap untuk memberikan kontribusi besar baik dalam tingkat nasional maupun internasional.

Baca juga:Munas Alim Ulama dan Konferensi Besar NU akan Dibuka Presiden Jokowi

Kendati demikian, sambung Presiden Jokowi, mereka tetap berpegang teguh pada keyakinannya sebagai seorang Muslim, dan seorang Nahdliyin.

"Banyak Nahdliyin muda yang bermain di level global, yang sedang kuliah di luar negeri banyak, yang sedang belajar ilmu pengetahuan baru banyak, belajar teknologi baru banyak, belajar artificial intelligence banyak, belajar precision medicine banyak, belajar dunia masa depan banyak dan ilmu masa depan tanpa kehilangan jati dirinya sebagai Muslim, tanpa kehilangan jati dirinya sebagai Nahdliyin," papar dia.

Presiden menilai, hal ini merupakan kekuatan besar yang dimiliki NU untuk menyongsong masa depan. Pemerintah sendiri juga terus mendorong PBNU dalam memaksimalkan potensi generasi muda NU melalui agenda transformasi digital yang mampu meningkatkan konsolidasi semua elemen di lingkungan Nahdlatul Ulama.

"Oleh karena itu, saya mendukung inisiatif KH Yahya Cholil Staquf yang melakukan digitalisasi. Selain membantu memperbaiki cara kerja organisasi, digitalisasi ini juga akan menghubungkan para Nahdliyin di seluruh dunia, saling berbagi komitmen, saling bekerja sama, bersama meningkatkan kualitas diri, bersama-sama mencari solusi untuk NKRI dan kesejahteraan umat," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf mengungkapkan bahwa PBNU telah menetapkan komitmen yang kuat untuk mencapai akselerasi transformasi teknologi digital pada tahun 2024. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya PBNU untuk memodernisasi organisasi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat luas.

"Kami menargetkan di tahun 2024, semua urusan yang menyangkut Nahdlatul ulama mulai komunikasi, surat menyurat, informasi, sampai dengan transaksi dilakukan dengan melakukan teknologi digital," paparnya.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 13 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:02
Ashar
15:23
Maghrib
17:55
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan