Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 Juli 2024
home global news detail berita

Munas Alim Ulama dan Konferensi Besar NU akan Dibuka Presiden Jokowi

tim langit 7 Senin, 18 September 2023 - 06:16 WIB
Munas Alim Ulama dan Konferensi Besar NU akan Dibuka Presiden Jokowi
ilustrasi
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar NU mulai hari ini, Senin (18/9/2023) dan berlangsung dua hari.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan hadir dan membuka kegiatan di Pondok Pesantren Al Hamid, Cilangkap, Jakarta Timur dan Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur.

Ketua PBNU Yahya Cholil Staquf memastikan, Presiden Jokowi akan hadir dan membuka acara. "Kami hari ini sudah melakukan rapat pengurus membahas sejumlah hal, salah satunya Munas Alim Ulama 18 September 2023 yang akan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi," ujar Gus Yahya saat jumpa pers di Kantor PBNU Jakarta.

Gus Yahya menjelaskan, Munas Alim Ulama akan diikuti pengurus PBNU di 34 provinsi ditambah sejumlah ulama dari pesantren-pesantren dengan total sekitar 700 peserta yang terdiri dari pengurus pusat, pengurus harian, dan pengurus lembaga.

Baca juga:Jelang Pemilu 2024, PBNU Imbau Masyarakat dan Aktor Politik Tak Bikin Gaduh

Munas Alim Ulama akan membahas perihal organisasi, program, dan hal-hal yang terkait keagamaan. "Munas juga akan membahas masalah yang dihadapi warga sehari-hari," ungkap dia.

Munas Alim Ulama PBNU akan dilangsungkan bersamaan dengan agenda permusyawaratan. Namun demikian lokasi dilaksanakan terpisah yaitu di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur.

Dijaga 350 Banser
Sebanyak 350 personel Barisan Ansor Serbaguna (Banser) disiagakan untuk mengamankan agenda Musyawarah Nasional (Munas) Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama (NU) yang dibuka di Pesantren Al-Hamid, Jakarta, pada Senin (18/9/2023).

Rangkaian agenda Munas-Konbes NU 2023 ini akan dilanjutkan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, hingga Rabu (20/9/2023). Untuk memastikan kesiapan para personel dalam mendukung lancarnya agenda Munas Konbes NU 2023 ini, Satuan Koordinasi Wilayah (Satkorwil) Banser DKI Jakarta menggelar Apel Kesiapan di Pesantren Al-Hamid Jakarta, pada Ahad (17/9/2023) sore.

"Pada sore hari ini, alhamdulillah Banser telah apel kesiapan dalam mengamankan Munas-Konbes NU. Kita menyiapkan pasukan sekitar 350 (personel)," ucap Kepala Satkorwil Banser DKI Jakarta Adin Tomy Widianto dikutip dari NU Online.

Ia mengaku, 350 personel Banser itu ditugaskan untuk berjaga di setiap titik yang sudah ditentukan, baik di sekitar Pesantren Al-Hamid maupun Asrama Haji Pondok Gede.

"Kita sudah plot tim sesuai kapasitas dan tugas kewenangan seorang Banser. Besok ada titik-titik yang harus kita plot. Dari semua titik itu sudah kita petakan menjadi 12 titik. Itu yang ada di sekitar Al-Hamid. Sementara yang ada di sekitar Asrama Haji ada tujuh titik yang harus kita plot," tutur Ndan Tomy, sapaan akrabnya.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan