Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 22 Februari 2024
home masjid detail berita

Masjid Ikonik Koutoubi di Marrakech Maroko Tetap Utuh Usai Gempa Bumi

Muhajirin Kamis, 21 September 2023 - 12:00 WIB
Masjid Ikonik Koutoubi di Marrakech Maroko Tetap Utuh Usai Gempa Bumi
Masjid Koutoubia merupakan salah satu bangunan paling simbolis di Marrakech, Maroo. Masjid ini tetap berdiri tegak walau digunang gempa bumi.
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Masjid Koutoubia merupakan salah satu bangunan paling simbolis di Marrakech, Maroo. Masjid ini menjadi salah satu masjid tertua di Maroko dan dapat menampung 25.000 jamaah sekaligus.

Tempat ini merupakan salah satu Situs Warisan Dunia Unesco. Saat gempa berkekuatan Mw 6,8 melanda wilayah Marrakech-Safi pada 8 September 2023, masjid ini tetap utuh. Hanya beberapa bagian yang dilaporkan rusak. Kendati begitu, menara masjid tidak runtuh dan tetap berdiri tegak.

Kerusakan terdeteksi di tembok merah. Tembok tersebut merupakan serangkaian benteng pertahanan yang melingkupi distrik medina bersejarah yang pertama kali dibangun pada awal abad ke-12.

Baca juga:Bangun Layanan Kesehatan Korban Gempa di Maroko, Lazismu Galang Dana Bantuan

Mengutip laman resminya, berlokasi tepat di Jantung kota Marrakes, Masjid Koutoubia dibangun dengan gaya tradisional Almohadi pada abad ke-12. Koutubia berarti "penjual buku" dalam bahasa Arab, karena daerah ini dikenal sebagai tempat penjualan manuskrip.

Masjid ini adalah masjid terbesar di kota Marrakesh, Maroko dan memiliki menara yang juga merupakan menara tertinggi di Marrakesh, yaitu memiliki tinggi sekitar 70 m. Hukum setempat membatasi segala pembangunan yang melampaui tinggi menara tersebut, sehingga menara tersebut tetap menjadi puncak tertinggi di kota Marrakesh.

Masjid ini memiliki nama yang beragam seperti Jami' al-Kutubiyah, Kutubiya Mosque, Kutubiyyin Mosque, dan Mosque of the Booksellers. Nama-nama ini diambil karena dahulu area di sekitar masjid banyak ditemukan penjual buku atau naskah pada abad ke-12 sampai 13 yang kemudian nama tersebut melekat pada Masjid Koutoubia. Itu karena berlokasi di wilayah tempat para pedagang berjualan buku.

Keistimewaan masjid ini terletak pada menara masjid yang berdiri indah dan menakjubkan, Selain itu, menara yang memiliki tinggi 77 meter ini hanya dapat dimasuki oleh umat Islam, sehingga para pengunjung yang beragama lain dilarang memasuki menara agung ini.

Salah satu hal menarik lainnya dari menara ini adalah di puncak menara terdapat hiasan berbentuk bola yang terbuat dari emas asli. Pada awalnya hanya terdapat tiga bola, lalu bola keempat didonasikan oleh istri Yacoub el-Mansour karena beliau gagal untuk berpuasa pada bulan Ramadan.

Karena menara ini merupakan menara tertinggi, pemandangan dari atas menara sangat menakjubkan. Pemandangan dari seluruh penjuru kota Marrakesh dapat Bapak/Ibu saksikan dari atas menara ini.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 22 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:10
Ashar
15:18
Maghrib
18:17
Isya
19:27
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan