Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 25 April 2024
home wirausaha syariah detail berita

FESyar Regional Jawa 2023 Himpun Transaksi Produk UMKM Rp3 Miliar

tim langit 7 Senin, 02 Oktober 2023 - 07:59 WIB
FESyar Regional Jawa 2023 Himpun Transaksi Produk UMKM Rp3 Miliar
Selama tiga hari Festival Ekonomi Syariah digelar berhasil catatkan transaksi UMKM lebih Rp3 miliar.Foto/ilustrasi
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Jawa 2023 selama tiga hari mulai 29 September hingga 1 Oktober 2023 berhasil mencatatkan transaksi penjualan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mencapai Rp3 miliar lebih.

Festival di Grand Atrium Pakuwon Mall, Surabaya ini telah itutup pada Minggu malam (1/20/2023). Selama tiga hari berhasil menyedot pengunjung sebanyak 163.940.

”Tingginya jumlah pengunjung menandakan minat masyarakat terhadap ekonomi syariah yang terus meluas,” kata Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Rizki E Wimanda.

Baca juga:350 UMKM Produk Syariah Ikuti Fesyar Regional Jawa 2023

Menurutnya, partisipasi UMKM Syariah pada Gelaran FESyar Regional Jawa 2023 tersebut mengalami peningkatan secara signifikan. ”Tahun ini terdapat dua ratus UMKM Syariah yang berpartisipasi secara virtual, dan seratus lima puluh UMKM secara offline,” ujar Rizki

Rizki menambahkan, total transaksi yang dicapai total Rp 3,03 miliar dari penjualan produk UMKM secara online dan offline ini terhitung sejak dimulai Road to FESyar pada Maret 2023.

Dia menuturkan, pencapaian tersebut juga didukung adanya pelaksanaan premium showcasing dan perluasan jangkauan pasar melalui digitalisasi.

Rizki menambahkan, pelaku UMKM dalam FESyar Regional Jawa 2023 serta para pengunjung yang mengikuti Busines Matching meningkat.

”Terlihat dari pelaksanaannya enam puluh sesi konsultasi,baik secara offline dan online dari sisi pembiayaan produktif,penjualan UMKM syariah di Jawa, serta business matching dengan bayer potensial baik dari dalam maupun luar negeri,” tandas Rizki.

Pihaknya mengapresiasi seluruh lembaga pembiayaan mitra business matching yang berkomitmen melakukan konsultasi serta mendorong pengembangan ekosistem syariah di antaranya 8 perbankan syariah, 15 lembaga ziswaf dan 1 fintech syariah.

”Kami juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh kantor perwakilan bank indonesia di regional jawa atas partsipasi dan dukungan dalam penyelenggaraan kegiatan FESyar regional Jawa 2023,” ungkapnya.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil E Dardak dalam sambutan yang disampaikan Kepala Biro Perekonomian Setaprov Jawa Timur, Budi Raharjo, mengatakan, FESyar Regional Jawa 2023 telah memainkan peranan sangat penting dalam memperkenalkan dan mengedukasi masyarakat tentang prinsip-prinsip ekonomi syariah yang berkelanjutan dan berkeadilan.

Selama rangkaian dalam beberapa hari ini, kita dapat menyaksikan ide-ide dan pemikiran yang konstruktif dan betapa konsisten serta berkembang untuk melihat berbagai layanan dan produk ekonomi syariah yang inovatif.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 25 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:51
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan