Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 20 Juni 2024
home wisata halal detail berita

Pelaku Usaha Parekraf Dapat Fasilitas Kredit dari Perbankan

tim langit 7 Selasa, 24 Oktober 2023 - 06:09 WIB
Pelaku Usaha Parekraf Dapat Fasilitas Kredit dari Perbankan
Kemenparekraf menggelar Coaching Clinic KUR (Kredit Usaha Rakyat) Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) di Desa Wisata Alamendah, Kabupaten Bandung.
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar Coaching Clinic KUR (Kredit Usaha Rakyat) Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) di Desa Wisata Alamendah, Kabupaten Bandung.

Coaching Clinic KUR merupakan program kerja sama antara Direktorat Akses Pembiayaan Kemenparekraf/Baparekraf, Poltekpar NHI Bandung, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Bank Indonesia Kanwil Jawa Barat, Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional Jawa Barat, dan NGO Strive Indonesia.

Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf Rizki Handayani mengatakan kegiatan ini mempertemukan pelaku perbankan dan pelaku usaha parekraf agar dapat mengakses KUR sekaligus mendapatkan informasi tentang tata cara pengajuannya.

“Diharapkan para pelaku usaha parekraf bisa memanfaatkan program pembiayaan ini agar bisa meningkatkan jumlah produksi,” kata Rizki.

Baca juga:Keren! Indonesia Raih Penghargaan Best Tourism Village 2023 dari UNWTO

Rizki menjelaskan berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2020, jumlah UMKM sekitar 64 juta atau 99,9 persen dari keseluruhan usaha yang beroperasi di Indonesia. Dan berkontribusi terhadap PDB sebesar 60 persen, dengan tingkat penyerapan tenaga kerja sekitar 97 persen.

“UMKM sebagai pilar utama perekonomian Indonesia dan menjadi sangat strategis dalam menggerakkan perekonomian nasional,” kata Rizki.

Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf/Baparekraf, Anggara Hayun Anujuprana, mengatakan pelaku usaha kerap kesulitan dalam memperoleh permodalan dari perbankan karena adanya sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Di sisi lain informasi yang diperoleh pelaku usaha tentang prosedur dan skema kredit yang ada sangat minim.

“Seperti keharusan adanya agunan hingga berbagai urusan administratif yang harus disiapkan. Oleh karena itu, KUR hadir sebagai salah satu upaya pemerintah dalam mendorong inklusi keuangan agar akses layanan perbankan dengan bunga murah dapat dijangkau oleh masyarakat menengah ke bawah,” kata Hayun.

Hayun berharap kegiatan Coaching Clinic KUR ini tidak hanya berhenti pada penyelenggaran semata, tetapi dirancang sampai memiliki keberlanjutan.

Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Jawa Barat, Arie Kurnia, menyampaikan komitmennya dalam menindaklanjuti program pendampingan pada pelaku parekraf di Kabupaten Bandung.

"Kami berkomitmen untuk bisa bersama-sama menindaklanjuti program pendampingan kepada para pelaku usaha, khususnya UMKM pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Bandung agar bisa terus maju, berkembang, dan naik kelas,” kata Arie.

Kegiatan Coaching Clinic KUR ini sebanyak 17 pelaku usaha berpotensi mendapatkan fasilitas pembiayaan KUR dengan indikasi total penyaluran modal sebesar Rp1.005.000.000

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 20 Juni 2024
Imsak
04:30
Shubuh
04:40
Dhuhur
11:58
Ashar
15:19
Maghrib
17:51
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan