Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 26 Mei 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Hari Santri di Pakistan, Cara Diaspora Sebarkan Islam Rahmatan lil Alamin

tim langit 7 Selasa, 24 Oktober 2023 - 08:00 WIB
Hari Santri di Pakistan, Cara Diaspora Sebarkan Islam Rahmatan lil Alamin
Semarak Hari Santri di Islamabad, Pakistan menampilkan berbagai kesenian Islam dari Indonesia.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Hari Santri 22 Oktober setiap tahun menjadi sebuah momentum meningkatkan semangat juang santri dalam berbagai aspek kehidupan. Hari Santri tak hanya semarak diperingati di dalam negeri, tetapi juga warga negara Indonesia di luar negeri.

Memperingati Hari Santri, Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Pakistan menggelar peringatan Hari Santri di Aula Budaya Nusantara Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Islamabad, Pakistan pada Ahad (22/10/2023).

Ketua Tandfiziyah PCINU Pakistan, Tata Aunyrohman puluhan Nahdliyin di Islamabad antusias menghadiri acara yang diinisiasi PCINU Pakistan dan Ikatan Keluarga Pondok Modern Gontor (IKPM) itu.

"Peringatan Hari Santri 2023 ini merupakan bentuk refleksi dari peran santri diaspora sebagai agen yang menyebarkan Islam moderat, Islam yang rahmatan lil alamin," ujarnya dikutip dari NU Online, Selasa (24/10/2023).

Baca juga:Parade Shalawat Habib Syech Tutup Puncak Hari Santri 2023

"Hari Santri merupakan momen bagi santri untuk unjuk diri sebagai salah satu bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan peradaban Islam di Indonesia," imbuhnya.

Pria yang akrab disapa Gus Tata menceritakan peringatan Hari Santri Pakistan berlangsung dengan khusyuk dan khidmat. Acara diawali dengan lomba debat antara santriwan dan santriwati, kemudian dilanjutkan dengan penampilan budaya Indonesia bercorak Islami, yaitu tari khas dari Sumatera Barat oleh Sanggar Tari dan Musik Syofyani.

Rahmat Hindiarta, sesepuh PCINU Pakistan menampilkan 'Refleksi Filosofi Seorang Santri. Rahmat adalah sesepuh PCINU Pakistan yang kini merupakan Konselor Kedutaan Besar Republik Indonesia di Islamabad.

"Acara Hari Santri ini juga diramaikan dengan Warung Santri Nusantara yang menyediakan aneka ragam kuliner khas Indonesia.

Warung Santri Nusantara yang diinisiasi oleh Lembaga Amil, Zakat, Infak, dan Sedekah (LAZIS) PCI Pakistan itu menyediakan kurang lebih 50 jenis makan dan minuman khas berbagai daerah di Indonesia," kata Gus Tata.

Hari Santri PCINU Pakistan juga turut dihadiri sejumlah pejabat KBRI Islamabad Pakistan, perwakilan Muhammadiyah, Persatuan Pelajar Indonesia, dan perwakilan dari pondok pesantren seluruh Indonesia yang ada di Pakistan.

Seperti diketahui, Hari Santri 2023 mengusung tema Jihad Santri, Jayakan Negeri. Perayaan Hari Santri di Indonesia berlangsung selama 3 hari, terhitung sejak 20-22 Oktober 2023.

Terdapat sejumlah rangkaian acara, mulai dari bersih-bersih pantai dan penanaman bibit mangrove, jalan sehat, grand final duta santri nasional, pembacaan 1 shalawat Nariyah, fashion show sarung, dan puncaknya adalah Apel Hari Santri dengan Presiden RI Joko Widodo sebagai pembina apel.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 26 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan