Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 16 April 2024
home global news detail berita

Pemerintah Siapkan Langkah Libur Nataru di Tengah Tantangan Covid-19

tim langit 7 Selasa, 19 Desember 2023 - 07:53 WIB
Pemerintah Siapkan Langkah Libur Nataru di Tengah Tantangan Covid-19
ilustrasi
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) KH Ma’ruf Amin mengungkapkan, tantangan terbesar di tengah euforia Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini adalah memastikan keamanan dan keselamatan selama arus mudik, sekaligus menjaga kendali atas kasus Covid-19 yang terus meningkat.

Dia menjelaskan, pemerintah telah menyiapkan berbagai langkah antisipasi. “Saya kira pemerintah sudah menyiapkan rencana untuk menghadapi libur dan mudik. Itu menjadi kerja rutin pemerintah setiap tahun,” ujarnya usai menghadiri Puncak Peringatan Hari Pekerja Migran Internasional (HPMI) 2023, Senin (18/12/2023).

Wapres menegaskan bahwa pemerintah telah menyiapkan berbagai langkah antisipasi, mengingat pengalaman sebelumnya saat libur Lebaran beberapa bulan lalu, di mana arus mudik dirasakan berjalan dengan tertib dan aman.

“Kalau secara umum, kita sudah punya road map-nya untuk mengatasi berbagai kemacetan, keamanan di jalan,” imbuhnya.

Baca juga:Puncak Arus Libur Nataru Diprediksi 23 Desember, Jasamarga Pastikan Kesiapan Layanan

Dalam menghadapi ancaman Covid-19, Wapres menyebut bahwa pemerintah telah memantau perkembangannya dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) di beberapa lokasi.

“Di tempat-tempat tertentu, sudah mulai menggunakan masker ya. Jadi, untuk masalah protokol kesehatannya itu kita mulai, tetapi kita ukur dengan besarnya perkembangan Covid itu,” jelas Wapres.

Meskipun demikian, ia juga mengingatkan langkah antisipatif ini harus disertai dengan partisipasi aktif masyarakat dalam vaksinasi. “Dan yang penting adalah vaksinasinya. Yang belum, supaya divaksinasi untuk menciptakan kekebalan,” imbau Wapres kepada masyarakat.

KH Ma’ruf Amin menegaskan bahwa pemerintah akan membahas secara detail strategi-strategi yang diperlukan, dengan mempertimbangkan tingkat kasus penyebaran Covid-19.

“Selanjutnya, belum ada langkah-langkah detail, yang saya kira kalau itu nanti sudah membesar, akan ada rapat terbatas yang akan membahas secara detail tentang masalah Covid,” pungkasnya.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 16 April 2024
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
11:56
Ashar
15:14
Maghrib
17:54
Isya
19:04
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan